arrow_upward

Survei Indikator Sebut Elektabilitas Ganjar dan Prabowo Naik, Anies Turun

Rabu, 04 Januari 2023 : 17.52

 

Ganjar Pranowo. 

Jakarta, Analisakini.id-Survei Indikator Politik Indonesia mengungkap peningkatan elektabilitas bakal calon presiden (capres) 2024, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Sementara elektabilitas Anies Baswedan turun. Ketiganya bersaing di semua simulasi nama-nama kandidat presiden.

"Ketika approval Presiden naik di Desember, itu yang meningkat elektabilitasnya yang meningkat itu Ganjar dan Prabowo, yang turun elektabilitasnya Anies," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi pada diskusi daring, Rabu (4/1/2022).

Ganjar menempati urutan pertama simulasi tiga nama capres dengan elektabilitas 35,8 persen. Elektabilitas Anies 28,3 persen, sedangkan Prabowo 26,7 persen.

Elektabilitas Ganjar naik karena bulan lalu memperoleh 33,9 persen. Begitu pula dengan Prabowo yang elektabilitasnya di bulan lalu mencapai 23,9 persen. Anies mengalami penurunan dari sebelumnya 32,2 persen.

"Saya jadi ingat pernyataannya Zulfan Lindan bahwa Anies dianggap antitesis Pak Jokowi. Ada benarnya di sini. Ketika approval Presiden naik, Anies tertekan elektabilitasnya," ujar Burhanudidin seperti dikutip dari cnnindonesia.com.

Indikator menggelar survei ini pada 1-6 Desember 2022 dengan melibatkan 1.220 orang responden. Toleransi kesalahan atau margin of error survei ini plus minus 2,9 persen, sedangkan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara dalam survei lembaga lain, Charta Politika Indonesia mencatat elektabilitas Ganjar mencapai 42,8 persen. Ganjar meninggalkan dua pesaing ketatnya, Anies dan Prabowo.

"Mas Ganjar naik di angka 42,8 persen jauh meninggalkan Anies di angka 28,1 yang Pak Prabowo di angka 23,9 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya secara daring, Kamis (22/12).

Sementara itu survei Median menunjukkan elektabilitas Prabowo, Anies, dan Ganjar bersaing ketat. Prabowo berada di posisi pertama capres dengan elektabilitas tertinggi.

Kemudian Anies di posisi kedua dan disusul Ganjar di peringkat ketiga. Selisih elektabilitas ketiga tokoh itu hanya sekitar 1 persen.

"Elektabilitas calon presiden jika Pilpres dilakukan saat ini adalah Prabowo diposisi pertama dengan 24,2 persen, Anies posisi kedua dengan 23,8 persen dan Ganjar 23,7 persen," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun dalam konferensi pers di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (29/11). (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved