arrow_upward

RAT KPN KOPERTIS WILAYAH X, Afdalisma Tegaskan Anggota Koperasi Harus Berperan Aktif

Kamis, 26 Januari 2023 : 16.03

 

Kadis Koperasi dan UKM Padang diwakili Kadid Pemberdayaan Koperasi Jamilus, menyerahkan piagam penghargaan kepada Ketua KPN Kopertis Wilayah X, atas RAT yang dilaksanakan tepat waktu. (ist).

Padang, Analisakini.id-Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma menyampaikan bahwa RAT merupakan pemegang kekuasaan tertinggi di koperasi. Makanya anggota koperasi harus berperan aktif dalam RAT untuk melakukan koreksi membangun terhadap tatakelola koperasi.

"Anggota harus mengetahui perkembangan koperasi, baik dari aspek organisasi, keuangan dan jalannya usaha," ucap Afdalisma dalam sambutannya pada  Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022 Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kopertis Wilayah X, di Aula Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X di Khatib Sulaiman Padang, Kamis (26/1/2023).

RAT ini dilaksanakan secara hibrid, diikuti juga anggota KPN Kopertis Wilayah X yang ada di luar Padang secara daring (online), karena LLDIKTI Wilayah X itu meliputi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri.

Kemudian, lanjutnya, keberhasilan koperasi bukan hanya oleh pengurus semata, tapi peran aktif anggota lah yang menyebabkan adanya kemajuan koperasi. Anggota harus memanfaatkan fasilitas dan usaha yang ada di koperasi, sehingganya usaha koperasi meningkat dan lancar. Kemudian berujung pada peningkatan kesejahteraan anggota.

Menurut Afdalisma, KPN Kopertis Wilayah X telah menunjukkan kemajuan yang cukup berarti. Ditandai dengan adanya peningkatan Sisa Hasil Usaha (SHU) dari tahun sebelumnya. "Saat ini KPN Kopertis Wilayah X sudah maju. Dan kita ingin lebih dan lebih maju lagi ke depannya. Koperasi maju, anggota sejahtera," tukas Afdalisma yang juga Pembina Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kopertis Wilayah X ini.

Sementara itu, Ketua KPN Kopertis Wilayah X Prof Dr Suryani, menyampaikan RAT yang dilaksanakan bersamaan dengan peringatan ulang tahun ke-31 KPN Kopertis Wilayah X yang didirikan pada 29 Januari 1992.

Dan juga pelaksanaan RAT pada Januari, menurut Suryani dalam rangka meningkatkan kualitas koperasi, dimana dalam binaan Dinas Koperasi dan UKM Padang, KPN Kopertis Wilayah X termasuk kandidat yang akan diikutsertakan sebagai Koperasi Terbaik di Sumbar.

KPN Kopertis Wilayah X, sebut Suryani, per Desember 2022 memiliki 444 orang anggota, yang terdiri dari dosen dan karyawan LLDIKTI Wilayah X, meliputi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri.

Usaha koperasi, katanya, meliputi simpan pinjam, pembiayaan kredit sepeda motor dan barang-barang elektronik, serta umrah. Kemudian usaha lainnya, seperti mini market, fotokopi dan kantin.

"Ada juga usaha penerbitan jurnal penelitian dan pengabdian pada masyarakat, karena kita adalah lembaga pendidikan tinggi dan membutuhkan publikasi hasil penelitian dan pengabdian yang merupakan IKU lembaga. Dan kemudian jasa penyelenggaraan workshop trik pembuatan artikel ilmiah, baik untuk SINTA maupun SCOPUS," ujar dia.

Berdasarkan audit yang dilakukan Akuntan Publik, saat ini KPN Kopertis Wilayah X memiliki aset Rp7,5 miliar, tepatnya Rp7.424.884. Sementara Sisa Hasil Usaha (SHU) untuk tahun ini sebesar Rp240 juta. "Audit tersebut dilakukan secara profesional, dengan klasifikasi laporan, Wajar," terangnya.

Adapun saat RAT disampaikan pertanggungjawaban pengurus KPN Kopertis Wilayah X Tahun Buku 2022, kemudian Rencana Kerja Tahun Buku 2023, serta penyampaian Hasil Pemeriksaan Tahun Buku 2022.

Di samping ratusan anggota KPN Kopertis Wilayah X, turut pula hadir di RAT tersebut Kabid Pemberdayaan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Padang Jamilus, serta Bendahara PKP-RI Sumbar Fauzen Yazid.

Pada kesempatan RAT tersebut, Jamilus menyerahkan piagam penghargaan dari Dinas Koperasi dan UKM Padang kepada Ketua KPN Kopertis Wilayah X, atas RAT yang dilaksanakan tepat waktu. (tt)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved