arrow_upward

Guspardi Gaus Desak Bawaslu segera Tetapkan Sekjen Secara Definitif, Ini Alasannya

Senin, 23 Januari 2023 : 18.36

Guspardi Gaus.


Jakarta, Analisakini.iid-Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengingatkan kepada Bawaslu RI untuk segera mengajukan penetapan Sekretaris Jendral (Sekjen) Bawaslu RI kepada pemerintah.

Guspardi mengungkapkan, kekosongan posisi Sekjen di Bawaslu dimulai sejak Gunawan Suwantoro diangkat menjadi Sekretaris Menpora pada 2 November 2022.

“Sampai saat ini Bawaslu RI belum memiliki Sekjen yang definitif. Padahal menghadapi tugas-tugas kepemiluan fungsi Sekjen itu sangat penting dalam memberikan dukungan yang penuh kepada institusi Bawaslu,” ujar Guspardi, belum lama ini.

Guspardi mempertanyakan, ada apa sebenarnya, mengapa tak kunjung disampaikan kepada Presiden Jokowi tentang penetapan Sekjen Bawaslu RI yang definitif.

“Masa sih Bawaslu menggunakan istilah Plt Sekjen non definitif? Ini kan janggal. Jangan buat aturan yang tidak sesuai dengan undang-undang,” imbuh politisi PAN ini.

Guspardi pun menegaskan, institusi Bawaslu RI itu selevel dengan kementerian dan sekjennya merupakan pejabat eselon I.

“Kalau dibuat aturan-aturan yang tidak sesuai UU dan aturan administrasi pemerintahan. Bagaimana nanti legitimasi dari berbagai kebijakan yang akan dikeluarkan nantinya,” ujar Guspardi.

Padahal Bawaslu RI itu kan diisi dengan formasi yang sudah sarat pengalaman. Kenapa harus ‘mengakali’ dengan menggunakan istilah Plt sekjen non definitif. Semestinya mereka harus paham mengenai administrasi pemerintahan.

Oleh karena itu, Guspardi meminta Bawaslu RI agar segera menyelesaikan dan menuntaskan masalah penetapan Sekjen Bawaslu ini dengan segera.

“Ketua atau anggota Bawaslu tidak bisa berjalan sendiri tanpa peran dari sekjen. Keduanya harus saling melengkapi demi mewujudkan pengawasan pemilu yang jurdil,” ucap Guspardi.

Bagaimanapun, tambah legislator asal Dapil Sumbar 2 ini, tugas-tugas pengawasan sesuai yang diamanahkan negara kepada Bawaslu dapat terlaksana dengan baik. Ditambah lagi pada tahun 2023 banyak tugas sangat krusial yang diemban menjelang pelaksanaan Pemilu 2024. (tt)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved