arrow_upward

Gubernur Sumbar 2 Periode Profesor Irwan Prayitno Ditugaskan PKS Maju Caleg DPR Dapil Sumut III

Senin, 09 Januari 2023 : 15.20

 

Prof. Irwan Prayitno.

Padang, Analisakini.id-Gubernur Sumbar 2 Periode 2010-2021,Prof. Irwan Prayitno (IP) ditugaskan DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk maju Calon Legislatif (Caleg) DPR Daerah Pemilihan Sumatera Utara III.

Majunya sang Rektor Universitas Adzkia ini ke Senayan menyita perhatian banyak pihak terutama kalangan politik, baik di Sumbar maupun luar Sumbar. Maklum sosok IP adalah tokoh yang punya banyak prestasi baik saat diamanahkan rakyat Sumbar sebagai Gubernur maupun anggota DPR mulai 1999-2010.

“Pak IP (Irwan Prayitno, red) maju Caleg di Sumatra Utara (Sumut) III, beruntung sekali Dapil ini, karena Pak Irwan Prayitno pemimpin dan tokoh visioner dan sarat pengalaman memimpin maupun menjadi wakil rakyat,” kata Novrianto Sinaga asal Kisaran Asahan, Senin (9/1-2023) lewat chat whatsapp kepada beberapa media.

Irwan Prayitno saat dikonfirmasi terkait keputusan DPP PKS itu mengatakan  keputusan partai bagi kader adalah terima, hormati dan laksanakan

“Selaku kader PKS harus saya laksanakan dengan bismillah,” ujar Irwan Prayitno yang kini menjabat Ketua Dewan Pakar DPP PKS.

Menurutnya, keputusan DPP tidak membiarkan kader mantan pejabat publik tidak maju di pemilu.

“Ada beberapa daerah yang minta ke DPP PKS, agar saya nyaleg, di antaranya Kalteng, Kepri, Bali, Sumut, Jambi, Bengkulu dan Babel. Tapi PKS memutuskan saya di Sumut, tepatnya di Dapil Sumut III,” ujar Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno saat menjadi Gubernur Sumbar dua periode punya torehan kinerja yang luar biasa, terutama membangun kembali Sumatera Barat setelah luluh lantak karena hantaman gempa bumi 7,9 Skala Richter. Selama diamanahkan sebagai Gubernur Sumbar dua periode, banyak prestasi yang membanggakan Sumbar. 

Bahkan  sebelum jadi Gubernur Sumbar, IP telah merasakan konstelasi politik DPR sebagai wakil rakyat tiga periode sejak pemilu 1999, 2004 dan 2009.

Bagaimana peluang IP di Dapil tiga Sumut itu?

Di Dapil ini pada Pemilu 2019 yang memperebutkan 10 kursi, PKS mendapatkan 1 kursi atas nama Ansori Siregar. Di Dapil ini, PDI-P mendapatkan tiga kursi, salah satunya adalah Djarot Syaiful Hidayat (mantan Gubernur DKI Jakarta). Putra Minang juga ada yang lolos dari Dapil ini yaitu Nasril Bahar (PAN). Tokoh lain yang lolos adalah Hinca Pandjaitan (Demokrat), Junimart Girsang (PDI-P) dan Ahmad Doli Kurnia Tanjung (Golkar). (**/ef).

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved