arrow_upward

PENGAMANAN NATARU, Pemko Padang Sambut Baik Patroli Siaga Besar Jajaran Polda Sumbar

Minggu, 25 Desember 2022 : 10.07
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memberikan arahan saat melepas personel untuk kegiatan patroli skala besar pengamanan Nataru tersebut. Hadir juga Walikota diwakili Sekdako Andree Algamar. (humas).

Padang, Analisakini.id-Pemerintah Kota Padang menyambut baik atas adanya kegiatan patroli skala besar yang dilakukan Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan pergantian Tahun Baru 2023 di Padang.

"Atas nama Pemerintah Kota Padang, kita menyambut baik dan berterima kasih kepada Kapolda Sumbar beserta jajaran atas kegiatan patroli skala besar yang dilakukan dalam rangka menjaga kondusivitas di Padang. Hal ini penting dilakukan demi mencegah hal-hal yang tak diinginkan, terutama di saat momentum Natal dan tahun baru (Nataru) saat ini," kata Sekretaris Daerah (Sekda)  Padang mewakili Walikota saat menghadiri kegiatan pembukaan patroli skala besar tersebut di Mapolresta Padang, Sabtu (24/12/2022) malam. 

Seperti diketahui, pelepasan personel untuk kegiatan patroli skala besar pengamanan Nataru tersebut, secara resmi dilakukan langsung oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono.

Sebanyak 350 personel gabungan dan 140 armada pun diterjunkan guna melaksanakan patroli berskala besar tersebut.

Dengan menaiki bus milik Polresta Padang, Kapolda Sumbar beserta rombongan lantas mengunjungi sejumlah gereja serta pos pengamanan yang ada di sejumlah lokasi di  Padang.

Terlihat di kesempatan itu Kabinda Sumbar Hendra, Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap bersama jajaran dan unsur Forkopimda Padang lainnya, serta sejumlah kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Padang.

Sekda Andree berharap, melalui upaya ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Kota Padang yang merayakan Malam Natal. Begitu pula pada malam pergantian tahun baru.

Sementara, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono dalam sambutan dan arahannya mengatakan, pelaksanaan patroli skala besar ini sebagai bentuk kesiapsiagaan para aparat penegak hukum dan stakeholder  lainnya dalam rangka pengamanan Nataru.

Untuk pengamanan Nataru tersebut jelasnya, akan dilaksanakan selama 11 hari yang telah dimulai dari 2 hari yang lalu sejak penggelaran personel dan berakhir pada 2 Januari 2023. 

"Tujuan dari patroli ini adalah untuk menjaga kamtibmas dan mengurangi adanya kerumunan massa. Karena tentunya malam ini malam yang khidmat bagi masyarakat Nasrani, sehingga semuanya harus dilindungi," tukuk Kapolda.

Dia juga menjelaskan, dalam operasi ini ada 80 kendaraan roda dua dan 60 kendaraan roda empat serta melibatkan 350 personel secara terpadu dari unsur Polri, TNI dan Forkopimda serta Sat Pol PP Dishub, BPBD, DKK dan lainnya. 

"Kita berharap Nataru tahun ini berlangsung dengan aman, tertib dan terkendali. Maka itu kami memohon kepada masyarakat secara umum untuk menghormati jalannya ibadah bagi saudara-saudara kita yang merayakan Natal," katanya.

Kapolda Sumbar juga meminta masyarakat untuk bersama-sama bertanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban di wilayah tempat tinggal masing-masing.

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi kegiatan yang bersifat kontraproduktif dan mencegah kegiatan yang membuat kerumunan massa. Seperti contoh balapan motor, menghidupkan petasan, kembang api dan lain sebagainya yang itu tidak ada manfaatnya. Mari bersama kita jaga kondusivitas Kota Padang," ajak Kapolda. (do)



Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved