arrow_upward

Guspardi Gaus Harap Hadi Tjahyanto Lebih Berani Tangani Mafia Tanah

Senin, 28 November 2022 : 09.10

 

Guspardi Gaus

Jakarta, Analisakini.id-Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus, meyampaikan banyak harapan yang ditumpangkan masyarakat kepada pak Hadi Tjahyanto sebagai Menteri ATR/BPN guna mengatasi sengkarut permasalahan pertanahan di Indonesia.

"Saya yakin dan percaya ada tugas-tugas khusus yang diberikan oleh Presiden Jokowi dengan penganggakatan Pak Hadi sebagai Menteri ATR/BPN. Karena tugas, fungsi dan wewenang sebagai Menteri ATR/BPN itu sangat berat, " katanya dalam Rapat Kerja bersama Kementrian ATR/BPN di komplek parlemen senayan, pekan lalu.

Diharapkan dibawah komando Pak Hadi Tjahyanto yang merupakan mantan panglima TNI dapat survive dan melakukan berbagai terobosan dan langkah lebih tegas, sistematis dan terukur dalam menyelesaikan sengkarut persoalan tanah di Indonesia.

Salah satu permasalahan tanah yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah masalah mafia tanah yang sudah sangat kronis. Jika serius, mafia tanah sesuatu yang gampang diselidiki, ditangkap, dan juga diproses. Lolos atau tidaknya mafia tanah melancarkan aksinya, salah satu pintu gerbangnya ada dijajaran ATR/BPN itu sendiri. 

"Kalau jajaran BPN betul-betul bekerja secara profesional, melihat fakta dan data terhadap persyaratan yang diberikan, tentu mafia tanah tidak bisa bergerak leluasa," ulas Politisi PAN itu.

Legislator dapil Sumatera Barat 2 inipun mengungkapkan Komisi II DPR RI baru saja mengadakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan beberapa elemen masyarakat korban mafia tanah dari beberapa kabupaten Kota di Indonesia. 

Dalam RDPU tersebut sangat miris mendengar pengaduan dari masyarakat terhadap permaslahan tanah mereka yang sudah dikuasai oleh mafia tanah. Seperti masyarakat yang sudah mempunyai tanah dan mengusai fisik tanahnya, tapi sekonyong-konyong di rampas dan dikuasai oleh mafia tanah. 

Dan banyak kasus lagi yang disampaikan menyangkut persoalan mafia tanah yang sangat perlu mendapatkan perhatian dan tindakan tegas dari kementerian ATR/BPN.

"Saya juga memberikan apresiasi kepada Pak Hadi yang berkoimitmen memberantas mafia tanah. Diketahui belakangan ini sejumlah pejabat BPN diciduk polisi dan dipidanakan lantaran terlibat kasus mafia tanah," tegas Pak Gaus ini.

Sebagai mitra dari Komisi II DPR RI tentu, pihaknya akan selalu mendukung dan mensupport upaya yang dilakukan Pak Menteri dalam pembenahan berbagai masalah pertanahan. Seperti masalah mafia tanah, pencaplokan, sengeketa tanah, masalah birokrasi dan lain sebagainya. "Tentu kita berharap upaya ini dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan, agar terjadi petubahan yang luar biasa. Kuncinya sekarang adalah keberanian dari Pak Hadi memberantas mafia tanah dan menyelesaikan berbagai persoalan pertanahan di Indonesia," pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved