arrow_upward

Atasi Banjir, Pemko Padang bersama BWSS V Keruk Batang Arau arah Hilir

Rabu, 23 November 2022 : 20.16
Walikota Hendri Septa mendengarkan penjelasan Kepala BWSS V Padang, Dian Karmila terkait pengerukan Batang Arau arah hilir. (diskominfo).

Padang,Analisakini.id-Untuk kelancaran arus Batang Arau, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Balai Wilayah Sungai Sumatera V (BWSS V) Padang kembali melakukan pengerukan di Batang Arau arah Hilir, Rabu (23/11/2022).

Walikota Padang Hendri Septa menyebutkan, melalui Satuan Kerja Operasional dan Pemeliharaan, BWSS V Padang melakukan pengerukan sedimentasi dengan 2 unit alat berat yang di turunkan, dan untuk mengantisipasi agar air tidak meluap ke permukiman warga karena curah hujan yang sangat ekstrim.

"Dangkalnya kedalaman sungai disebabkan karena adanya proses pengendapan yang dibawa oleh aliran sungai, jadi untuk itu dilakukan pemeliharaan sungai, seperti pengerukan bagian dasar sungai yang harus selalu dilakukan setiap tahunnya, hal tersebut dilakukan untuk terus menjaga kedalaman sungai dan mencegah terjadinya banjir," ucap Wako Padang.

Pengerukan sedimen adalah salah satu cara upaya pemeliharaan berkala, seperti yang baru saja yang dilakukan BWSS V Padang terhadap aliran hilir Batang Arau ini.

"Ini juga merupakan untuk meningkatkan kembali gairahnya pariwisata di Kawasan Batang Arau, yang akan dilaksanakan pada 2023. Kita mulai dengan kegiatan selaju sampan dan juga kegiatan festival lainnya di kawasan Batang Arau ini," ucap Wako Padang.

BWSS V meminta untuk kita bisa berkoordinasi dengan masyarakat, jangan sampai ada yang mengeluh dan yang lainnya. Kita tetap selalu berkoordinasi dengan masyarakat, Alhamdulillah masyarakat mendukung pengerukan pembersihan dasar Batang Arau ini.

Sedangkan Dr. Dian Kamila, Kepala BWSS V Padang menyebutkan, pengerukan ini akan berlangsung untuk beberapa hari ke depan. Ini merupakan pekerjaan rutin kami setiap tahunnya, tergantung lokasi sedimentasi yang tinggi, maka lokasi itu yang akan dilakukan pengerukan terlebih dahulu.

"Supaya Batang Arau ini bersih dan tidak menimbulkan masalah, mari kita jaga dan jangan buang sampah sembarangan, kalau enak dipandang pasti banyak mendatangkan wisatawan," ucap Dian Kamila. 

Dalam kegiatan ini turut hadir mendampingi Walikota di antaranya Asisten 1 Edi Hasymi, Kadis PUPR Tri Hadiyanto, Kadis Perikanan dan Pangan Gus Wardi, Kadis Pemadam Kebakaran Budi Payan dan Kabid Informasi dan Komunikasi Diskominfo Rina Endaharti. (cl)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved