arrow_upward

LPM Bertugas Bantu Pemnag dalam Perencanaan dan Pembangunan Nagari

Kamis, 03 November 2022 : 19.57

 

Kepala DPMD Sumbar Amasrul menjadi narasumber dalam Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Nagari se-Pesisir Selatan tahun 2022, 

Painan, Analisakini.id-Tugas yang diemban Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Nagari cukup berat, yaitu membantu Pemerintahan Nagari dalam perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan dengan menggerakkan kearifan lokal yaitu budaya gotong royong. Ini sesuai landasan pembentukannya dengan Permendagri No.18 Tahun 2018.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH dalam Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Nagari se-Pesisir Selatan tahun 2022, di Hotel Triza Painan, Kamis (3/11/2022) pagi.

"Tugas LPM itu membantu Walinagari atau Kepala Desa dalam menyerap aspirasi masyarakat terkait perencanaan pembangunan dan menggerakkan masyarakat dalam pelaksanaan nagari dengan swadaya gotong royong," katanya.

Oleh karena itu, sangat aneh kalau ada kejadian Ketua LPM tidak sejalan dengan Walinagari, apalagi saling menjelekkan. LPM dan Pemerintahan Nagari harus bersinergi dan terjalin komunikasi yang baik, sehingga dapat merencanakan, melaksanakan dan mengawal pembangunan nagari secara terus menerus.

Selain itu, sambungnya, fungsi LPM adalah meningkatkan kualitas dan mempercepat pelayanan Pemerintahan Nagari, juga meningkatkan kualitas SDM, serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat di nagari.

Untuk pembinaan LPM nagari/desa dan kelurahan, maka Pemprov Sumbar melalui Dinas PMD bekerjasama dengan Dinas PMD/N di daerah tetap melakukan pengawasan pembentukan, pemberdayaan dan pendayagunaan LPM. Bahkan setiap tahun dilakukan penilaian terhadap LPM dengan menghasilkan klasifikasi yaitu tumbuh, berkembang, dan maju/mandiri.

Acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Nagari yang diikuti 75 peserta dari berbagai nagari ini dibuka oleh Kepala DPMD2KB Pesisir Selatan Zulkfili, S.Sos dan berlangsung dari pagi hingga siang.

"Kegiatan ini akan lanjutkan lagi di masa datang, sehingga sinergitas Wali Nagari dan LPM dapat terwujud terus," kata ketua panitia Isman, SE, M.Si, yang juga Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Partisipasi Masyarakat didampingi JFT Aslinda, SH. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved