arrow_upward

KOSONG SELAMA 1,5 TAHUN, PAN dan PKS Harus Duduk Bersama Bahas Pengisian Kursi Wawako Padang

Jumat, 28 Oktober 2022 : 08.10

Hendri Septa.

Padang, Analisakini.id-Walikota Padang, Hendri Septa mengatakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) harus duduk bersama membahas pengisian kursi Wakil Wali Kota Padang yang kosong selama 1,5 tahun sejak April 2021.

"Berpedoman kepada Undang-Undang yang berlaku, mekanisme pemilihan Wawako Padang harus ada dua nama yang diusulkan untuk dipilih di DPRD, artinya PAN dan PKS mesti duduk semeja membahas ini," katanya, Kamis (26/10/2022).

Ia menyerahkan sepenuhnya kepada partai pengusung dan tidak terbersit keinginan untuk menghambat prosesnya.

Menurutnya, kedua partai harus duduk bersama membahas dua nama yang kemudian diusulkan kepada DPRD Padang.

"Dulu di awal saat PAN mengusulkan satu nama, PKS mengusulkan dua nama, sekarang ketika PKS mengusulkan nama baru, PAN karena sudah terlalu lama diam lagi," kata politisi PAN ini.

Ia mengaku tidak mau disalahkan karena saat ini masih sendiri sementara persoalannya ada di partai politik dan informasi yang beredar tidak utuh.

Ia menyampaikan, untuk memutuskan nama Calon Wakil Walikota Padang dari partainya juga harus melibatkan pengurus partai di provinsi hingga pusat. "Saya tidak bisa memutuskan sendiri," ujarnya.

Ia menambahkan saat ini PAN dan PKS kembali melakukan penjajakan dan untuk menghindari konflik kepentingan ia memutuskan tidak terlibat langsung.

Kekosongan kursi BA 2 A berawal dari terpilihnya Walikota Padang Mahyeldi sebagai Gubernur Sumbar pada pilkada gubernur 2020.

Setelah Mahyeldi dilantik sebagai Gubernur Sumbar, kursi Walikota secara otomatis diisi oleh Wakil Wali Kota Hendri Septa yang berasal dari PAN.

Sejak dilantiknya Hendri Septa sebagai Walikota Padang sisa masa jabatan 2019-2024 pada 7 April 2021, sudah 1 tahun 6 bulan kursi Wakil Walikota Padang kosong.

Berdasarkan aturan, pemilihan Wakil Walikota dipilih oleh DPRD Padang melalui pemungutan suara dengan mekanisme partai pengusung yaitu PAN dan PKS mengusulkan dua nama.

Awalnya PKS mengusulkan dua nama sebagai calon wakil Walikota yaitu Ketua DPD PKS Padang Muharlion dan Sekretaris MUI Kota Padang Mulyadi Muslim.

Kemudian, PKS kembali mengusulkan nama baru sebagai calon Wakil Walikota Padang pada Oktober 2022 yaitu Hendri Susanto yang sebelumnya pernah menjadi Calon Bupati Sijunjung pada pilkada 2020.

Hendri Susanto merupakan politisi PKS dan pernah menjadi anggota DPRD Sijunjung periode 2014-2019 dan periode 2019-2024.

Sementara, Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional menetapkan Ekos Albar sebagai calon Wakil Walikota Padang untuk mendampingi Walikota Padang Hendri Septa sisa periode jabatan 2019-2024.

Hingga kini kedua partai belum ada titik temu untuk mengusulkan dua nama tersebut untuk kemudian dikirim ke DPRD guna dilakukan pemilihan. (105)



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved