arrow_upward

Gubernur Mahyeldi: Kembangkan Durian sebagai Pendapatan Keluarga Petani

Senin, 03 Oktober 2022 : 19.47
Gubernur Sumbar Mahyeldi berkunjug ke Ike Rismen Farm di Nagari Sipingai, Limapuluh Kota yang memproduksi buah durian. (ist).

Limapuluh Kota, Analisakini.id-Dalam kunjungan ke Ike Rismen Farm di Nagari Sipingai Kabupaten Limapuluh Kota, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, SP, mengatakan kepada semua pihak yang peduli pada pengembangan durian untuk mengembangkan budidaya durian sebagai sumber penghasilan ekonomi rumah tangga petani. 

"Apalagi kebun durian seperti Ike Rismen Farm ini dapat menjadi objek daya tarik wisata dan tempat edukasi pertanian, khususnya untuk durian," kata Mahyeldi, Senin (3/10/2022)..

Turut mendampingi Gubernur adalah Sekdakab Limapuluh Kota, Kadis Pertanian Limapuluh Kota, Sekdis Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar Dr. Ferdinal Asmin, Camat dan wali nagari setempat. 

Gubernur berharap kekayaan varietas durian yang sudah berkembang di Sumbar dapat dipromosikan secara baik agar publik tahu bahwa Sumbar merupakan produsen beragam jenis durian yang enak. Termasuk dengan durian premium yang dibudidayakan di Ike Rismen Farm ini, seperti bawor, musangking, dan sebagainya.

Gubernur Mahyeldi diskusi dengan pemilik Ike Farm. (ist).

Untuk itu, Gubernur meminta Dinas-dinas yang mengurusi pertanian di provinsi dan kabupaten/kota untuk memperkuat data dan informasi terkait varietas durian dan menginformasikan kalender panen secara rutin sehingga publik yang sedang 'berburu' buah durian dapat mengetahui dengan cepat. 

Hilirisasi olahan durian juga perlu terus ditumbuhkembangkan agar manfaat ekonomi dari durian memiliki nilai tambah yang dinikmati oleh petani Sumbar.

Berdasarkan laporan dari Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar, tak dapat dipungkiri, Sumbar adalah penghasil durian yang utama di Sumatera bagian tengah ini. Sekitar 170 ribu ton buah durian dihasilkan dari sekitar 634 ribu pohon durian di Sumbar. 

Oleh karena itu, durian Sumbar juga memasok pasar-pasar yang ada di provinsi tetangga. Untuk lebih mempromosikan durian Sumbar, Pemprov Sumbar berencana menggelar festival durian akhir tahun ini.(bd)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved