arrow_upward

Bos NJ Adv Ceritakan Kisah Getir Hingga Sukses Berusaha pada Anak Yatim

Sabtu, 01 Oktober 2022 : 17.18

 

Pengusaha muda Nasrul memotivasi anak yatim. (ist).

Padang, Analisakini.id- Jumat Berkah Berbagi (JBB) Amal Salih terus berinovasi dalam menyalurkan santunan pada anak yatim.

Dalam 2 pekan terakhir, program rutin setiap Jumat yang dikelola Yayasan Berkah Amal Salih ini tidak lagi sekedar menyalurkan santunan saja. Mereka juga mendapatkan bekal hidup (life skill) dari tokoh masyarakat, praktisi atau pelaku usaha.

Tingginya curah hujan tinggi tidak menghalangi para generasi muda penerus bangsa dan benteng agama ini untuk mendengarkan kisah inspiratif pada, JBB Amal Salih, Jumat (30/9/2022).

Memang, pada JBB Amal Salih kali ini, sengaja menghadirkan usahawan muda, Nasrul. Sebagaimana diketahui Owner NJ Advertising ini adalah pelaku usaha yang melangkah dari nol. Tapi saat ini, telah memiliki aset miliar rupiah di tiga lokasi tempat usaha. Juga telah memperkerjakan puluhan orang.

Nasrul berkisah, kehadirannya ke Kota Padang dengan tekad untuk merubah nasib. Demi menggapai asa, Nasrul mendaftar ke SMK Dhuafa yang merupakan salah satu sekolah gratis di Kota Padang.

"Sambil sekolah, saya juga juga bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Beruntung saya bekerja di rumah salah seorang dokter. Alhamdulillah, saya bisa kuliah politeknik," ujarnya mengenang masa lalu.

Kisah Nasrul mendapat perhatian serius oleh anak yatim penerima santunan. Apalagi, mereka yang dihadirkan kali adalah yang telah menempuh pendidikan SMA dan sederajat.

Nasrul juga menceritakan perih getir awal membuka usaha. "Awal memulai usaha, saya menjual pulsa. Jika terjual, maka saya belikan mie instan. Itu harus dipotong untuk siang dan malam," ujarnya.

Dalam kondisi tersebut, Nasrul  tak patah arang. Berbekal ilmu yang dimiliki dia mencoba merubah nasib. Dengan menyewa sebuah tempat, dia memulai usaha percetakan dan pembuatan stempel.

"Tempat yang saya sewa terletak di Mata Air. Tidak ada kamar kecil, hanya menampung sebuah meja. Malam hari, saya gunakan untuk tidur. Untuk mandi dan buang air, saya harus ke SPBU atau masjid," ujar Nasrul.

Banyak hal yang disampaikan Nasrul. Termasuk mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak. Hingga usahanya berkembang sampai saat ini.

Dia juga menyampaikan, jika ada yang kesulitan, terutama dalam pendidikan silahkan menemui dirinya.

"Jika adik-adik kesulitan, terutama pendidikan. Silahkan temui saya melalui Pak Saribulih. Insyaa Allah saya bantu," ujar Nasrul yang suka merekrut anak yatim sebagai karyawannya.  

Namun, disampaikan semua yang dia lakukan berkat jujur, yakin dan selalu mendekatkan diri pada Allah SWT. 

"Selalu kerjakan kewajiban sebagai muslim. Termasuk shalat Dhuha. Dan jangan lupa, untuk selalu berbagi pada orang yang membutuhkan," ujarnya.

Sebelumnya, Koordinator JBB Amal Salih yang juga Sekretaris Yayasan Berkah Amal Salih, Herwaty Taher melaporkan para donatur untuk JBB Amal Salih, Jumat pekan kelima September ini.

Malahan, dia sampaikan untuk JBB pekan pertama Oktober 2022, kembali akan menghadirkan anak yatim yang telah remaja sebanyak 50 orang. 

"Kita memang fokus pada yang  remaja. Karena juga akan disampaikan kisah motivasi, inspirasi dan pegangan hidup menghadapi masa depan," ujar Ketua RT 01 RW 10 ini.

Sementara Pembina Yayasan Berkah Amal Salih, Saribulih menambahkan, untuk Jumat depan akan mendatang tokoh lain.

"Insyaa Allah pekan depan, kita bersama Kapolsek Lubuk Begalung. Ini untuk mengingatkan anak-anak tidak terjebak dengan kenakalan remaja, narkoba dan tindak kriminal lainnya," ujar Saribulih.

JBB Amal Salih kali ini juga dilakukan penyerahan Al Qur'an sebanyak 28 buah dari Ketua RT 01 RW 13 Hendra Kayama, diniatkan untuk orang tuanya yang baru saja meninggal dunia. Sumbangan Al Qur'an juga dari Hamba Allah masing-masing 5 dan 2 buah. Semua disumbangkan untuk kegiatan Tahfizh Amal Salih  

Turut hadir oleh Maideni (ketua RT), Kelompok pengajian Amal S. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved