arrow_upward

Bantu Korban Banjir Pakistan, Unand Kirim Dokter Spesialis

Rabu, 05 Oktober 2022 : 19.05
Rektor Unand Prof. Yuliandri bersama Dekan Fakultas Kedokteran Unand dan dokter spesialis yang akan bantu korban banjir di Pakistan. (ist)

Padang, Analisakini.id-Universitas Andalas (Unand) mengirim sejumlah personil medis sebagai bantuan terhadap masyarakat terdampak banjir bandang dan longsor Pakistan yang menelan hingga 1.500 jiwa pada September lalu. 

Pemberangkatan tersebut berdasarkan koordinasi antara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang kemudian disampaikan dalam bentuk permintaan personil kepada Rektor Unand.

Utusan yang dikirim untuk melaksanakan misi kemanusiaan tersebut adalah dr. Dani Kartika Sri, SpOG, dan dr. Eka Putri, SpOG. Keduanya tergabung dalam tim medis dan paramedis Republik Indonesia yang akan bertugas mulai Oktober hingga awal November 2022 di Pakistan.

Pelepasan dilakukan Rektor Unand, Prof. Yuliandri, bersama Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Afriwardi, Sp. KO. “Suatu kehormatan bagi kita menerima permintaan dalam misi kemanusiaan dari BNPB untuk turut serta dalam inisiasi membantu korban bencana di Pakistan,” ujar Rektor di Ruang Kerjanya pada Selasa (4/10/2022). 

Ia menambahkan, pengiriman dua dokter tersebut terjadi atas hasil koordinasi dengan Dekan Fakultas Kedokteran dan Ketua Spesialis Kebidanan. “Kita juga mendoakan mudah-mudahan kedua dokter yang berangkat selamat saat pergi, saat bertugas menangani korban di sana, dan kembali pulang sesuai waktunya,” pungkasnya.

Tim medis dan paramedis Indonesia sendiri terdiri dari 29 orang, dan akan terbang ke Pakistan menggunakan paspor khusus pada Kamis, 6 Oktober 2022, melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. (bd0




Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved