arrow_upward

Mantap, Bank DKI Raih Indonesia Top Bank Awards 2022

Jumat, 09 September 2022 : 18.43

 

Dirut Bank DKI Fidri Arnaldy dengan penghargaan yang diraih. (ist)

Jakarta, Analisakini.id-Bank DKI berhasil meraih penghargaan Indonesia Top Bank Awards kategori Bank BUKU III yang diselenggarakan oleh The Iconomics, Jumat (9/9/2022) di Jakarta. Penghargaan ini diterima oleh Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy. Tahun lalu penghargaan serupa juga diraih Bank DKI.

Penghargaan ini diberikan kepada bank-bank di Indonesia dengan melihat fundamental keuangan perusahaan yang menggambarkan ketahanan bank dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis khususnya di masa krisis pandemi Covid-19. 

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy mengatakan penghargaan yang diraih Bank DKI tersebut tidak lepas dari strategi sinergi dan kolaborasi dengan mitra kerja, khususnya Pemprov DKI Jakarta dan BUMD DKI. 

“Kami siap mendukung berbagai program kerja Pemprov DKI Jakarta, dan terus meningkatkan perannya dalam mendukung pembangunan di DKI Jakarta. Hal ini diwujudkan Bank DKI dengan menyalurkan berbagai kredit ke berbagai sektor di Ibu Kota," ujarnya.

Fidri juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh nasabah dan pemangku kepentingan atas penghargaan yang diterima atas peningkatan kinerja Bank DKI. Menurutnya, Bank DKI juga terus mengembangkan aplikasi, jaringan, inovasi informasi dan sistem teknologi melalui pengembangan JakOne Mobile berbasis komunitas atau Community Apps, diantaranya JakOne Artri, JakOne Erte, JakOne Ancol, dan SiOndel. 

Beberapa aplikasi yang dikembangkan dengan berbasis JakOne Mobile tersebut bertujuan menjangkau komunitas yang luas, serta memberikan kemudahan dalam proses transaksi seperti pembayaran tagihan, transaksi QRIS, top up uang elektronik dan lainnya.

"Dengan berbagai kemudahan tersebut, transaksi JakOne Mobile meningkat signifikan. Sampai dengan Juli 2022, pengguna JakOne Mobile juga sudah mencapai 1,7 juta pengguna, dengan jumlah nominal transaksi mencapai lebih dari Rp11 triliun, serta volume transaksi mencapai 12 juta transaksi," katanya.

Sementara transaksi QRIS melalui JakOne Mobile Bank DKI tumbuh 29,42% secara yoy menjadi 477.262. Nilai itu meningkat dari realisasi Juli 2021 yakni sebesar 368.746.

Saat ini, perusahaan juga telah menghadirkan New JakOne Mobile dengan tampilan UI/UX yang lebih menarik dan ramah terhadap pengguna, khususnya generasi milenial.  Aplikasi ini juga dapat digunakan oleh nasabah baru untuk membuka rekening tabungan secara daring.  

Bank DKI juga memiliki produk e-money berbasis kartu, yakni JakCard dan JakLingko yang sudah digunakan secara luas sebagai e-ticketing untuk moda transportasi seperti Transjakarta, MRT dan LRT.

Bank DKI juga turut mengajak pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan menjadi agen melalui aplikasi JakOne Abank. Ini merupakan layanan perbankan tanpa kantor dimana Bank DKI hadir melalui Agen dengan menggunakan perangkat Mobile Point of Sale (MPOS) untuk pembayaran pajak dan retribusi, pembayaran tagihan.

Fidri Arnaldy menjelaskan pula, indikator kinerja keuangan Bank DKI mencatatkan pertumbuhan yang baik, termasuk di antaranya total aset yang tumbuh sebesar 28,99%, dari semula Rp 56,73 triliun pada kuartal II 2021 menjadi Rp 73,17 triliun pada kuartal II 2022. Selain itu, Bank DKI juga mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 20,15% pada kuartal II 2022 menjadi Rp 43,64 triliun dibanding kuartal II 2021 sebesar Rp 36,32 triliun.

Adapun pemilihan Top Bank dilakukan dengan melakukan penilaian terhadap faktor-faktor kinerja bank mencakup beberapa poin, yaitu profitabilitas (ROA, ROE, income of the year, net interest income), kualitas aset (NPL), likuiditas (LDR, Deposit Growth), efisiensi (BOPO, NIM) dan permodalan (CAR). (ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved