arrow_upward

Hadiri Pengukuhan Pengurus Dewan Pusat Gebu Minang, Ini Pesan Gubernur Mahyeldi

Senin, 19 September 2022 : 10.17

 

Mendagri Tito Karnavian, Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Ketum Gebu Minang Osman Sapta Odang dan tokoh Minang Emil Salim dan tokoh lainnya. (ist)

Jakarta, Analisakini.id-Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi menghadiri pengukuhan Dewan Pengurus Pusat Gebu Minang periode 2022-2027 di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022). 

Oesman Sapta Odang (OSO) Datuak Bandaro Sutan Nan Kayo terpilih kembali secara aklamasi untuk kedua kalinya, sebagai Ketua Umum Gebu Minang Periode 2022-2027, pada Musyawarah Nasional VII pada Mei 2022 lalu.

Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat Gebu Minang dikukuhkan oleh Ketua Umum Oesman Sapta Odang dan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian. 

Dalam sambutannya, OSO mengungkapkan, banyak masyarakat rantau asal Sumatera Barat (Sumbar) khususnya, merasakan kehadiran Gebu Minang selama kepemimpinannya.

"Daerah sangat merasakan pentingnya Gebu Minang untuk dikembangkan. Dari pendiri pendahulu (Gebu Minang), dari tahun 89 sampai sekarang berkembang pesat. Di periode kedua ini, Gebu Minang akan bekerja ekstra keras untuk menggali informasi, agar dapat mengembangkan potensi di daerah," tegas OSO.

Tito Karnavian dalam pidatonya juga menyampaikan rasa kagum dengan daya juang orang Minangkabau, jago berdagang, rumah makan padang tersebar diseluruh Indonesia bahkan ke mancanegara. 

Tito juga mengajak kepada Gebu Minang untuk membangun jaringan diaspora di luar negeri yang berkualitas, seperti yang dilakukan India dan China.

"Seperti misalnya kalau kita ke Silicon Valley, di sana isinya orang India, Israel, dan China. Saya juga ingin, Gebu Minang Jangan sampai terjebak pada primordialisme yang bersifat eksklusif," harap Tito.

Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Wakil Ketua DPD RI Dr. Nono Sampono, Imam Besar Mesjid Istiqlal KH. Nazaruddin Umar dan tokoh masyarakat Minangkabau di Jakarta di antaranya Prof. Emil Salim, Gamawan Fauzi, Ahmad Riza Patria.

Gubernur Sumatera Barat mengucapkan selamat kepada pengurus DPP Gebu Minang terpilih, semoga dengan dilantiknya kepengurusan yang baru.

"Gebu Minang semakin jaya dan makin mempererat persaudaraan kita sebagai sesama orang Minang sekaligus dapat meningkatkan peran sertanya dalam membangun Sumbar, " katanya.

Menurut gubernur, Gebu Minang atau Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau adalah suatu organisasi masyarakat Minangkabau yang bertujuan menghimpun dan membina potensi masyarakat Minangkabau yang berada di perantauan di bidang ekonomi dan kebudayaan.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Kami mengucapkan selamat kepada Ketua dan pengurus Gebu Minang yang dilantik. Tak dapat dipungkiri Gebu Minang telah memberikan kontribusi dalam peningkatan pembangunan dan perkembangan ekonomi Sumatera Barat. Diharapkan pada kepengurusan DPP Gebu Minang Periode 2022 – 2027 sekarang dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam membangun Sumatera Barat," ujar gubernur Mahyeldi.

Sebagai informasi, pada awalnya Gebu Minang adalah akronim dari Gerakan Seribu Rupiah Minang yang bertujuan mengumpulkan seribu rupiah dari setiap warga Minang yang ada di perantauan untuk pembangunan di kampung halaman. Belakangan akronim tersebut berubah menjadi Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang. Organisasi yang telah berdiri sejak 24 Desember 1989 terus berkembang dalam membina potensi masyarakat Minangkabau.(***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved