arrow_upward

DIDUKUNG CAT DULUX, Sebentar Lagi Jembatan Siti Nurbaya dan Kawasan Kota Tua Jadi Ikon Pariwisata

Jumat, 23 September 2022 : 17.55


Pembinan Pokdarwis Kota Lama Gunawan Tedysukianto (Pak Alam), Lurah Kampung Pondok, Lurah Batang Arau dan sejumlah tokoh masyarakat lain bersama Manajer Dulux Sumbar Ahmad sambil pegang cat Dulux di Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini akan dipercantik memakai cat Dulux. (rian).

Padang, Analisakini.id-Jembatan Siti Nurbaya dan Kawasan Kota Tua kini memang sering dikunjungi. Tapi sebentar lagi, akan menjadi ikon pariwisata yang diincar wisatawan. Sebab, kawasan itu sedang dilakukan pengecatan, dipersolek, dipercantik dan ditata sedemikian rupa.

"Tanpa dipoles, pengunjung cukup ramai. Apalagi kalau sudah dipercantik. Tentu menjadi magnet menarik wisatawan ke sini. Kawasan ini dicat dengan cat Dulux produksi PT Ici Paints Indonesia mendukung penuh tujuan mulia ini," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Lama Tommy Jhonlie kepada Singgalang, Jumat (23/9/2022) di jembatan Siti Nurbaya.

Dia menyebutkan itu semua tidak terlepas dari peran Pemko Padang di bawah kepemimpinan Walikota Hendri Septa yang piawai menggandeng berbagai pihak. Bahkan, tokoh masyarakat setempat Gunawan Tedysukianto yang akrab disapa Pak Alam, punya andil besar dalam merintisnya.

"Pak Alam juga pembina Pokdarwis Kota Lama yang terus memberikan dukungan," tambah Tommy.

Saat itu sedang dilakukan pengecatan jembatan Siti Nurbaya, dengan tiga warna kuning, merah, hitam oleh beberapa pekerja. Penggabungan tiga warna ini adalah warna marawa dan khas di Minang. 

Lurah Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat Eka Saputra dan Lurah Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan yang diwakili Kasi Trantib Syafrianto yang hadir dalam kegiatan pengecatan itu, tidak menampik, dengan dipercantiknya Jembatan Siti Nurbaya dan kawasan Kota Tua, akan menarik wisatawan ke sana.

"Pemko Padang berencana merehabilitasi Kawasan Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya. Salah satunya melalui pengecatan untuk menambah keindahan kawasan tersebut. Ternyata didukung oleh produsen cat Dulux," kata Lurah Eka Saputra.

Pembina Pokdarwis Kota Lama Gunawan Tedysukianto menjelaskan pengecatan Jembatan Siti Nurbaya dan kawasan Kota Tua dalam rangka mempercantik dan perindah kawasan objek wisata tersebut. Jika ini terealisasi, wisatawan meningkat dan ekonomi masyarakat sekitar menggeliat. Dia pun diskusi dengan Walikota Hendri Septa.

Gunawan Tedysukianto diskusi dengan Ahmad, Manajer Dulux Sumbar dan pejabat lainnya. (ist)

"Walikota Hendri Septa menginginkan adanya suatu perubahan baru di Padang. Salah satunya revitalisasi secara bertahap Kota Tua di sepanjang Jalan Batang Arau. Ingin membuat suasana kota tua kembali pada abad ke- 19 dengan tidak meninggalkan aspek sejarah dari perkembangan kota tua itu sendiri sehingga nantinya kawasan tersebut dapat dikenal sebagai heritage city,' sebutnya.

Adanya harapan ini, Gunawan yang akrab disapa Pak Alam ini melakukan lobi kepada produsen cat Dulux, melalui distributor tunggalnya di Padang, PT. Sinar Mutiara Permai. Ada respon, lantas Walikota Padang Hendri Septa dipertemukan pula dengan produsen cat Dulux di Jakarta, yaitu AkzoNobel.

Hendri Septa bertemu dengan Brand Manager Dulux Profesional Ria Marfiana dan Head of Brand & Consumer Marketing at AkzoNobel Niluh Putu Ayu Setiawati di Jakarta, pertengahan tahun lalu. Prinsipnya siap berkolaborasi. Dan kini pengecatan itu sedang berlangsung.

Ahmad, Manejer Dulux Sumbar juga membenarkan Pak Alam yang merintisnya hingga tercipta kolaborasi antara Pemko Padang dengan Dulux. Disebutkan, pihaknya menyediakan cat untuk memoles kawasan itu, dengan harapan bisa menjadi objek wisata yang lebih rancak dan bernilai.

Walikota Hendri Septa yang dihubungi Singgalang, mengucapkan terima kasih kepada AkzoNobel yang telah bersedia bekerja sama dengan Kota Padang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). "Ini merupakan upaya kita untuk menghidupkan kembali Padang Tempo Dulu atau ‘Padang Old Town’,” ungkap Hendri Septa. (ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved