arrow_upward

Roadshow OSC Medcom, Unand Undang 30 Sekolah Terbaik Sumbar

Jumat, 26 Agustus 2022 : 11.02

 

Sebanyak 30 sekolah terbaik di Sumatera Barat mengikuti kegiatan Roadshow Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id yang digelar di Universitas Andalas (Unand) pada Kamis (25/8/2022) di Gedung Convention Hall

Padang, Analisakini.id- Sebanyak 30 sekolah terbaik di Sumatera Barat mengikuti kegiatan Roadshow Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id yang digelar di Universitas Andalas (Unand) pada Kamis (25/8/2022) di Gedung Convention Hall.

30 sekolah terbaik ini terdiri dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasyah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai rata-rata UTBK.

Wakil Rektor I Prof. Mansyurdin mengemukakan saat ini Unand telah mengembangkan sistem penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Masuk (SIMA).

Dijelaskannya kalau untuk SNMPTN itu berdasarkan rapor, indeks sekolah dan juga prestasi, sedangkan untuk SBMPTN itu murni dari hasil nilai ujian, dan untuk SIMA ada beberapa varian diantaranya Prestasi Unggul, Disabilitas, Kerja Sama, Akademik, dan Internasional.

Melalui jalur kerja sama Unand telah menjalin hubungan dengan beberapa Pemerintah Daerah seperti Pemda Solok Selatan, Kerinci, Dharmasraya, dan Agam.

Ia merasa bersyukur dengan adanya jalur ini karena dari 27 Perguruan Tinggi, Unand merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tersebar di 14 Kabupaten dan Kota di Indonesia.

“Ini ruang yang bisa dimanfaatkan oleh calon mahasiwa, yang telah memberikan kepercayaan kepada Unand untuk menerima mahasiswa terbaik dengan full scholarship dimana sistem seleksinya disiapkan oleh OSC sendiri,” ungkap Prof. Mansyur.

Disampaikannya untuk jalur ini Unand menyediakan 20 Program Studi (Prodi) dari 15 fakultas yang ada, diantaranya Pendidikan Dokter, Farmasi, Akuntansi, Ekonomi, Peternakan, Teknik Mesin, Sipil, Hukum, Sejarah, Sastra Jepang, Ilmu Politik dan lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Surya Edukasi Bangsa Foundation Herfindo Satria Gading OSC merupakan Kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diadakan sejak Tahun 2015 oleh Surya Edukasi Bangsa Foundation dan situs berita & video Medcom.id. 

“OSC hadir untuk memberikan kemudahan kepada putra-putri Indonesia agar bisa melanjutkan pendidikan hingga jenjang S1 dan S2 dengan beasiswa universitas favorit di Indonesia,” sambungnya.

Dilanjutkannya program kolaborasi antara Medcom.id dengan Perguruan Tinggi sebagai penyedia beasiswa ini diharapkan mampu menjadi daya dukung pendidikan tinggi untuk memfasilitasi anak-anak berprestasi dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia. 

Menurutnya, untuk menuju SDM Unggul, Indonesia Maju, diperlukan Pendidikan yang merata untuk seluruh putra-putri Indonesia.

Adapun fasilitas yang akan diraih dari OSC ini nantinya Bebas Uang Pangkal*, Bebas Uang Semester*, Tabungan Pendidikan untuk 25 peserta terbaik, Bantuan biaya hidup (Khusus untuk pemenang OSC S1, dan dari latar belakang keluarga yang tidak mampu, Kesempatan magang dan bekerja di Media Group, serta Sertifikat Pemenang dan Finalis.(*)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved