arrow_upward

Diresmikan Menteri KKP, Walikota Hendri Septa Bangga Padang Punya Kampung Elo Pukek

Senin, 22 Agustus 2022 : 08.30
Walikota Padang Hendri Septa bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Anggota DPD RI Emma Yohanna, Asisten III Setdaprov Andri Yulika dan pejabat lainnya. (humas)

Padang, Analisakini.id-Walikota Padang Hendri Septa menyambut baik kehadiran Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono di Kota Padang, Minggu (21/8/2022).

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, kami berterima kasih kepada Pak Menteri yang telah melakukan kunjungan ke Kota Padang untuk mengangkat potensi wisata. Apalagi Program Bulan Cinta Laut (BCL) yang dilakukan, dirancang khusus untuk mengentaskan persoalan sampah plastik di laut," ungkap Hendri Septa.

Kampung Elo Pukek (tarik pukat) Purus yang menjadi pusat kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan kali ini, yaitu merupakan satu dari sebelas program unggulan (progul) Pemko Padang. 

"Alhamdulillah kita telah membangun sebuah gapura Kampung Elo Pukek yang hari ini diresmikan oleh Pak Menteri. Kita mengakui tradisi elo pukek merupakan kearifan lokal yang tiada duanya. Semoga anak kemenakan kita terus mewarisi tradisi ini sampai kapan pun," harapnya.

"Alhamdulillah kampung tematik Elo Pukek di Purus ini memiliki daya tarik dan akan kita sinergikan dengan pariwisata ke depan. Semoga menjadi destinasi wisata baru yang menjanjikan di Kota Padang nantinya," jelas Walikota Hendri Septa.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyebut Program BCL bukan sekadar mengajak masyarakat membersihkan sampah di pantai, namun mendorong nelayan untuk mengambil sampah di laut dan hasilnya akan dikonversi sesuai harga terendah ikan saat itu.

"Kita menilai pelaksanaan program BCL akan mendorong masyarakat lebih peduli terhadap kondisi laut. Program ini bahkan tidak hanya menjadi solusi masalah sampah laut, tapi juga memberi manfaat ekonomi bagi para nelayan," cetusnya.

Lebih lanjut Menteri Trenggono mengatakan, BCL adalah salah satu program Ekonomi Biru dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Dalam rangkaian acara ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga menggelar festival Maelo Pukek di Pantai Purus yang melibatkan para nelayan dan masyarakat pesisir pantai. 

Di waktu yang sama, juga digelar pameran program BCL di antaranya berisi kegiatan bersih-bersih pantai dari sampah plastik, meresmikan desa tematik elo pukek, memberikan apresiasi bakti nelayan an siswa, konservasi serta lainnya.

Dalam kesempatan itu hadir Anggota DPD RI Emma Yohana, Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sumbar Andri Yulika, unsur Forkopimda Kota Padang dan sejumlah pimpinan OPD terkait di lingkup Pemko Padang. (ef)


.

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved