arrow_upward

Razia Kendaraan Bermotor, Dongkrak Kesadaran Wajib Pajak

Kamis, 19 Mei 2022 : 17.51

Jajaran Ditlantas Polda Sumbar bersama tim gabungan lakukan razia kendaraan bermotor. (ist).

Padang, Analisakini.id-Jajaran Ditlantas Polda Sumbar bersama tim menggelar razia kendaraan bermotor (ranmor) di Jalan Prof. Hamka, Air Tawar Barat, Padang Utara, Jumat (19/5/2022). 

Dalam razia dengan melibatkan Jasa Raharja, POM TNI Angkatan Darat dan jajaran Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumbar, cukup banyak ranmor yang kena.

"Razia ranmor ini adalah salah satu instrument yang dapat digunakan untuk melihat tingkat kepatuhan masyarat dalam mematuhi regulasi yang berlaku, baik berkaitan dengan lalu lintas maupun berkaitan dengan  pajak daerah, " kata Kepala Bapenda Sumbar Maswar Dedi, Kamis (19/5/2022) di Padang.

Dia menjelaskan, kegiatan razia terpadu ini diharapkan peningkatan kepatuhan masyarakat dalam berkendara di jalan raya dan kepatuhan dalam melakukan kewajiban pajak kendaraan bermotor. 

Saat razia dilaksanakan, di titik lokasi razia dibuka layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor bagi masyarakat yang akan membayar pajak kendaraan dan layanan SIM Keliling untuk masyarakat yang akan memperpanjang SIM .

Dalam menjalankan razia ini di lokasi, terlihat beberapa kendaraan langsung membayar di tempat. Ada juga yang ditahan jaminan notisnya agar kembali membayar pajak kendaraanya. 

Dedi menyebutkan dalam razia tersebut, ada beberapa hal yang ditemukan antara lain, pengendara roda 4 ada yang ditemukan tak sesuai antara plat yang tertera di mobil dengan STNK, yang dicocokkan.

Terlihat pula deretan kendaraan yang antrei menunggu giliran pemeriksaan. Ada kendaraan pribadi, angkot dan dan tentu saja sepeda motir.

"Ini bagian dari upaya maksimal yang dilakukan agar mencapai target penghasilan daerah dari pajak kendaraan. Kami menjemput bola, karena masih banyak pengendara yang belum memenuhi kewajibannya”ujar Dedi.

Dedi mengucapkan terima kasih kepada jajaran Ditlantas Polda Sumbar, Jasa Raharja Sumbar, POM TNI Angakatan Darat yang telah mendukung kegiatan tersebut. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved