arrow_upward

Akmal Malik, Putra Minang Kelima yang Jadi Pj. Gubernur

Kamis, 12 Mei 2022 : 11.58

 

Mendagri Tito Karnavian serahkan SK jabatan Pj.Gubernur Sulawesi Barat kepada Akmal Malik, Dirjen Otda Kemendagri. (ist).

Padang, Analisakini.id-Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik resmi dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian atas nama Presiden RI sebagai Pj. Gubernur Sulawesi Barat, Kamis (12/5/2022). Pelantikan ini bersamaan dengan empat Pj. Gubernur lainnya di kantor Kemendagri.

Lima pejabat itu dilantik menyusul berakhir masa jabatan Gubernur dan Wagub di lima provinsi, masing-masing, Sulawesi Barat, Bangka Belitung, Banten, Gorontalo dan Papua Barat pada 12 Mei 2022. Mereka dilantik untuk mengisi kekosongan dalam menjalankan roda pemerintahan.

Dengan dilantiknya Akmal Malik sebagai Pj. Gubernur, maka berdasarkan catatan, sudah lima orang putra Sumbar yang diamanahkan menjadi Pj.Gubernur. Akmal adalah putra Sumbar kelahiran Pulau Punjung, Dharmasraya. Siapa saja lima putra terbaik Sumbar itu?

1. Djohermansyah Djohan

Pak Jo, demikian dia akrab disapa  pada 15 November 2013, melalui Keputusan Presiden (Keppres), ia ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Riau, dan dilantik pada 21 November 2013 oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi.

Ia ditugaskan untuk mengisi kekosongan kekuasaan karena pada 21 November 2013 masa jabatan Rusli Zainal sebagai Gubernur nonaktif Riau dan H.R. Mambang Mit sebagai Wakil Gubernur Riau telah berakhir. 

Pak Djo ketika itu menjabat sebagai Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri. Jabatan Pj.Gubernur yang dipercayakan kepada putra kelahiran Padang pada 21 Desember 1954 ini sampai 19 Februari 2014 seiring dengan dilantiknya Gubernur dan Wagub Riau terpilih.

2. Irman

Irman dilantik sebagai Pj. Gubernur Jambi oleh Mendagri Tjahjo Kumolo pada 5 Agustus 2015, mengisi jabatan kosong yang ditinggalkan gubernur sebelumnya Hasan Basri Agus yang habis masa jabatannya.

Putra kelahiran 18 Oktober 1956 di Batusangkar ini adalah seorang birokrat Indonesia dan saat diangkat menjadi Pj.Gubernur jabatannya adalah Staf Ahli Mendagri. Sebelumnya Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Alumni Fakultas Pertanian Unand ini mengisi jabatan tersebut hingga dilantiknya gubernur definitif hasil pemilukada pada Desember 2015, yaitu pada 12 Februari 2016.

Sebelum berkarir di Kemendagri, Irman yang satu angkatan kuliah di Fakultas Pertanian Unand dengan Musliar Kasim (mantan Wamendiknas di era Presiden SBY) ini berkarir di Pemprov Lampung.

3. Reydonnyzar Moenek

Dr. Drs. Reydonnyzar Moenek, M.Devt.M. lahir 14 November 1960 di Padang adalah seorang birokrat dan politisi Indonesia.

Dia dilantik sebagai Pj.Gubernur Sumbar oleh Mendagri Tjahjo Kumolo pada 15 Agustus 2015 mengganti Irwan Prayitno yang habis masa jabatannya pada tanggal itu.

Saat dilantik Donny, sapaan akrabnya sedang menjabat Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri. Jabatan Pj. Gubernur ini berakhir pada 12 Februari 2016 menyusul dilantiknya pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit sebagai Gubernur-Wagub Sumbar oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

Lama berkarir di Kemendagri, Donny sempat pula menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPD RI sejak 9 November 2018 menggantikan Sudarsono Hardjosoekarto.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sejak 6 Maret 2017 hingga 4 November 2018.

4. Hamdani

Dr. Hamdani, M.M., M.Si., Ak. lahir 23 Februari 1962 di Painan, Pesisir Selatan adalah birokrat Indonesia yang menjabat Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Ia menjabat Pj. Gubernur tidak sampai tiga minggu, tapi hebatnya menjadi Pj. Gubernur dua kali di dua provinsi.

Untuk amanah pertama, dia dilantik menjadi Pj.Gubernur Bali pada 29 Agustus 2018. Tapi jabatan yang disandang hanya sebentar sekitar 10 hari, sampai 5 September 2018 menyusul dilantiknya Gubernur terpilih

Pj. Gubernur kedua , Hamdani mendapat amanah di kampung halaman, Sumatera Barat. Dia dilantik pada 18 Februari 2021 dan berakhir pada 25 Februari 2021 menyusul dilantiknya pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy sebagai Gubernur-Wagub Sumbar oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta.

Saat dilantik sebagai Pj.Gubernur Bali dan Sumbar, Hamdani menjabat sebagai Staf Ahli Mendagri bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Sebelum berkarir di Kemendagri, dia cukup lama mengabdi di Pemprov Sumbar. Sebelumnya berkarir di BPKP Sumbar.

5. Akmal Malik

Akmal merupakan anak buah Mendagri Tito Karnavian yang kini menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri.

Akmal lahir di Pulau Punjung, Dharmasraya, Sumatera Barat, 16 Maret 1970. Dia menjabat sebagai Dirjen Otda sejak 9 September 2019.

Mengawali karier di Kemendagri sejak 1 April 2011 sebagai pelaksana/staf subbag kepegawaian pada bagian perundang-undangan dan kepegawaian sekretariat Ditjen Otonomi Daerah.

Sebelumnya Akmal berkarir di Pemprov Sumbar. (ef)



Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved