arrow_upward

Gubernur Sumbar Dukung Aspirasi Masyarakat Gunung Tuleh, Bangun Jalan Tembus ke Sumut

Sabtu, 16 April 2022 : 13.50

Asisten 3 Setdaprov Andri Yulika serahkan bantuan Pemprov kepada pengurus masjid disaksikan Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Bupati Pasbar Hamsuardi dan pejabat lainnya. (***)

Pasbar, Analisakini.id-Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mendukung aspirasi masyarakat Gunung Tuleh, Pasaman Barat untuk dibangun jalan tembus ke Provinsi tetangga Sumatera Utara. Selain akan menjadikan akses tersebut perlintasan utama dari utara, juga akan mempermudah akses ke destinasi wisata Danau Laut Tinggal nan eksotis.

"Ini sangat baik sekali. Jika akses ini dibuka, maka Pasaman Barat akan jadi perlintasan yang ramai dari utara menuju ke Padang," ujar Mahyeldi, saat menyampaikan sambutannya dalam Safari Ramadhan di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Kampung Pinang , Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (15/4/2022) malam.

Kehadiran jalan tembus tersebut menurut gubernur juga akan mengoptimalkan keberadaan potensi wisata alam Danau Laut Tingga juga sangat penting sebagai destinasi wisata unggulan sekaligus pasokan air bagi masyarakat di Pasbar.

Potensi lain di Pasbar yang perlu optimalisasi tambah gubernur adalah banyaknya keberadaan pabrik kelapa sawit. Ia mengimbau pada Bupati Pasbar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Saya juga berterimakasih pada Bupati, Pak Hamsuardi karena sudah bersedia dan mendukung konversi Bank Pembangunan Daerah menjadi Bank Syariah. Saya mengimbau Pemkab Pasbar agar terus maksimalkan komunikasi dengan kepala OPD di provinsi, sebab untuk tahun 2022 ini ada anggaran dari Provinsi untuk Pasbar mencapai Rp75 miliar lebih kurang," sambung gubernur.

Pada kesempatan yang sama, gubernur juga menyalurkan bantuan dari Baznas Sumbar sebesar Rp125 juta kepada Bupati Pasbar guna membantu pembangunan Hunian sementara bagi korban gempa.

Selain itu juga diserahkan hibah bantuan pembangunan Masjid Taqwa Muhammadiyah sebesar Rp50 juta, ditambah dari Bank Nagari Rp10 juta.

Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran gubernur beserta rombongan. Senada dengan gubernur, ia berharap pembukaan akses jalan tembus ke Sumut bisa terealisasi karena akan mempermudah akses wisata Danau Laut Tingga, sekaligus menjadikan Pasbar sebagai perlintasan yang ramai dari utara menuju ke bandara atau ke Padang.

"Jika jalan tembus ini bisa terealisasi, maka kawasan ini akan jadi perlintasan yang semakin mempermudah masyarakat dari utara menuju ke Bandara maupun ke Padang, lebih cepat dan jalannya bagus tanpa terkena macet," harap Hamsuardi.

Senada, Kepala Jorong Kampung Pinang sekaligus pengurus Masjid Taqwa Muhammadiyah, Hilmi Nasution, mengungkapkan kegembiraannya akan kehadiran rombongan gubernur ke desa mereka sekaligus membawa bantuan untuk masjid yang dibangun swadaya oleh 49 KK warga yang ada di jorong tersebut.

"Inilah baru terjadi sepanjang sejarah, baru kali ini ada mobil yang begitu banyak datang dan disepanjang kampung kami. Nagari kami berbatasan langsung dengan Sumut, tapi jalannya buntu. jika bisa ditembus akan membuka akses dan meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Hilmi.

Dalam rangkaian safari Ramadhan ke Pasaman Barat kali ini, hadir menyampaikan tausiyah Ustad M Ridho Nur, Lc.

Turut hadir mendampingi gubernur diantaranya Ketua Baznas Sumbar Bukhari, Asisten 3 Andri Yulika, Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kadis DPMD Amasrul, Kadisdik Barlius, Kabiro Kesra Irsyad, perwakilan Kemenag, Bank Nagari, TVRI dan Kacabdin.

Tampak hadir juga Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, bersama jajaran OPD Pemkab Pasbar.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved