arrow_upward

Bupati Sijunjung Teken MoU dengan UNP, IPB, ICMI dan BPTU Padang Mangatas

Rabu, 27 April 2022 : 12.35
Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dan pejabat lain usai lakukan MoU.

Padang, Analisakini.id-Penandatanganan Kerja sama (PKS) UNP, IPB University, ICMI, Pemda Kabupaten Sijunjung dan BPTU HPT Padang Mengatas,  Kabupaten Limapuluh Kota. Kegiatan ini digelar di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang, Selasa (26/4/2022).

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D mengatakan acara ini juga bagian dari proses pengintegrasian Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Sijunjung dengan UNP. 

"Dengan menggunakan brand dan dukungan IPB University kita harapkan tiga prodi (Ilmu Peternakan, Agrobisnis dan Agroindustri) yang digabungkan ke FMIPA UNP segera akan tingkatkan akreditasinya, apalagi akan dibina perguruan tinggi terbaik dan tertua di Indonesia dalam bidang pertanian," katanya.

Sementara itu Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengatakan pendidikan dan pertanian merupakan prioritas pembangunan Kabupaten Sijunjung, maka kerja sama dalam bidang ini telah mendapat dukungan dari DPRD dan masyarakat Sijunjung.

" Insyaallah harapan masyarakat di daerah kami untuk hadirnya perguruan tinggi nasional akan terwujud " kata Bupati yang saat ini sedang menyelesaikan Program Doktornya di Fakultas Ekonomi UNP. 

Sementara Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M. Si yang juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (DPP ICMI) Pusat terpilih hasil Munas Desember 2021 menjadi narasumber dalam Kuliah Umum yang bertemakan "Potensi Pendidikan Agrobisnis untuk PTN BH UNP.

Dalam pemaparannya Prof. Dr. Ir. Arif Satria, M.Si mengatakan  dunia dihadapkan pada tiga tantangan yakni perubahan iklim, revolusi industri dan pandemi Covid19 karena itu kita perlu perubahan salah satunya dalam pendidikan, termasuk pendidikan pertanian, maritim dengan mengedepankan riset dan inovasi dengan kekuatan teknologi pertanian, sehingga akan menjadi kekuatan ekonomi, model One Village One CEO sangat cocok diterapkan di Sumbar. Karena itu IPB siap bekerjasama dengan UNP dan juga Pemda Sumbar untuk pengembangan inovasi varietas unggul pertanian" tegas Ketua ICMI ini.

Kegiatan kuliah umum ini dihadiri juga oleh Wakil Rektor IPB University, Sekda Sijunjung dan Ketua DPRD Sijunjung, Kepala BPTU HPT Padang Mengatas,  jajaran pimpinan UNP Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan dan Direktur Pascasarjana, Kepala Lembaga, Kepala Biro, Kepala  Badan, dosen dan mahasiswa di lingkungan UNP. (dy)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved