arrow_upward

Yosrizal, Terpilih jadi Ketua Dekopinda Sawahlunto, Ini Harapan Hendra Irwan Rahim

Kamis, 24 Maret 2022 : 17.57

 

Ketua Dekopinda Sumbar Hendra Irwan Rahim berbincang dengan Walikota Sawahlunto Deri Asta di sela-sela Musda Dekopinda Sawahlunto. (ist)

Sawahlunto, Analisakini.id-Yosrizal terpilih menjadi Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Sawahlunto periode 4 tahun mendatang di Musyawarah Dekopinda tersebut, di Hotel Khas Ombilin, Kamis (24/3/2022).

Mantan Ketua Majelis Pakar Dekopinda Sawahlunto periode lalu itu, unggul 2 suara di atas Mukhsis. Dari 29 suara, Yosrizal memperoleh 14 suara. Mukhsis, Kepala Dinas Koperindag Sawahlunto memperoleh 12 suara. Ketua Dekopinda Sawahlunto periode lalu, M. Syarif memperoleh 1 suara. 

Ketua KPN Teknologi SMKN 2 Sawahlunto, Aguswardi, juga memperoleh 1 suara. Satu suara lagi, abstain. Sesuai tata tertib musda, bakal calon memperoleh dukungan minimal 30 persen jadi calon untuk dipilih. 

Mukhsis pilih mundur dan mendukung program yang disampaikan Yosrizal. "Saya mundur dari calon dan mendukung Yosrizal," ujar Mukhsis. 

Mundurnya Mukhsis Otomatis Yusrizal menjadi Ketua Dekopinda Sawahlunto yang saat itu langsung dilantik Wakil Ketua Dewan Koperasi Wilayah Sumatra Barat, Zirma Yusri. 

Pimpinan rapat musda, Afdal dari Koperasi Islahul Ummah memutuskan Ketua Dekopinda terpilih Periode 2022-2026 menjadi ketua formatur untuk membentuk struktur dan anggota pengurus.

Yosrizal.

Sebelumnya, Musda tersebut dibuka oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta. Walikota berharap Musda berlangsung demokratis dan terpilih sosok yang betul-betul bisa mangayomi koperasi. Dan tentu juga menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan bidang koperasi.

Hal senada juga disampaikan Ketua Dekopinda Sumatera Barat, Hendra Irwan Rahim. Anggota DPRD Sumbar ini berharap perhatian dan kepedulian kepada koperasi harus lebih. Apalagi fakta sejarah membuktikan, koperasi tangguh dalam hadapi terpaan krisis ekonomi.

"Koperasi adalah sokoguru perekonomian dan bapak koperasi Indonesia adalah putra terbaik Minang, yaitu Bung Hatta. Karena itu, kita semua harus majukan koperasi. Cita-cita Bapak Koperasi Indonesia, harus dibumikan di ranah minang. Koperasi harus diberdayakan dan diangkat ke permukaan. Ini harga mati," kata Hendra Irwan Rahim yang menjadi Ketua DPRD Sumbar periode 2014-2019. (***)



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved