arrow_upward

Heboh, DPRD Sumbar Rombak AKD, Semua Kader Gerindra di Komisi 'Empuk', Komisi IV

Jumat, 04 Maret 2022 : 17.01
Suasana rapat paripurna DPRD Sumbar terkait perombakan alat kelengkapan dewan (AKD).

Padang, Analisakini.id-Beredar berita DPRD Sumatera Barat (Sumbar) telah rombak Alat Kelengkapan Dewan (AKD) terutama komposisi anggota yang duduk di Komisi-komisi. Untuk DPRD Sumbar dengan jumlah 65 anggota, 4 di antaranya pimpinan, Komisi ada lima. 

Menariknya, dari lima komisi itu, ada satu komisi yaitu Komisi IV bidang pembangunan dengan mitra kerja OPD antara lain ke-PU-an, Dinas Perhubungan, Dinas ESDM dan dikenal oleh banyak pihak sebagai Komisi 'empuk', 100 persen diisi kader Gerindra (12 orang), selain Supardi yang menjabat Ketua DPRD.

Mereka adalah  Evi Yandri, K Simanjuntak, Yusuf Abit, Syahjohan, Syafruddin, Jempol, Hidayat, Syahiran, Desrio, Jasma Juni, Ismunandi Syofian dan Nurkhalis.

Dari fraksi lain yang mengisi Komisi IV itu adalah  Nurfiwansyah fraksi PKS, Budiman fraksi PKS, Suharjono fraksi Demokrat, HM Nurnas fraksi Demokrat, Bukhari fraksi PAN, Artati fraksi PAN, Ahmad Rius fraksi PAN, Zulkenedi fraksi Golkar, Lazuardi Erman fraksi Golkar, Sitti Aziz fraksi Golkar, Taufik Syarial fraksi PPP- NasDem, Imral Fraksi PPP - NasDem, Albert Lukman fraksi PDI-P& PKB, Syamsul Bahri PDI- P & PKB, Leli Arni fraksi PDI- P & PKB, Rico fraksi PDI-P & PKB. 

Jadi jumlah anggota Komisi IV ada 28 orang, 12 diantaranya kader Gerindra. Rekor dan luar biasa. Rasanya belum pernah terjadi di republik ini. Hebat DPRD Sumbar.  

Sedangkan anggota Komisi I bidang pemerintahan adalah Rafdinal fraksi PKS, Irzal Ilyas fraksi Demokrat, Maigus Nasir fraksi PAN, Hendra Irwan Rahim fraksi Golkar, Sawal fraksi PPP- NasDem dan Syafril Huda fraski PPP- NasDem. Hanya enam orang.

Komisi II bidang ekonomi , Mochklasin fraksi PKS, M.Iphan fraksi PKS, Arkadius fraksi Demokrat, Muhammad Iqbal fraksi PAN, Nella Zamri fraksi Golkar, Bakar Bakri fraksi PPP- NasDem dan Firdaus fraksi PDI- P- PKB. Totalnya 7 orang.

Komisi III bidang keuangan, Ramal Saleh fraksi PKS, Ali Tanjung fraksi Demokrat, Novrizon fraksi Demokrat, Jefri Masrul fraksi Demokrat, Dodi Delfi fraksi PAN, Zarfi Derson fraksi Golkar, Irwan Afriadi fraksi PPP - NasDem. Juga 7 orang pula.

Komisi V bidang kesejahteraan rakyat, Gustami Hidayat fraksi PKS, M Ridwan fraksi PKS, Aida fraksi Demokrat, Ismet Aziz fraksi Demokrat, Daswanto fraksi PAN, Muhayatul fraksi PAN, Muzli fraksi PAN, Hardinalis fraksi Golkar, Afrizal fraksi Golkar, Daswipetra fraksi PPP - NasDem dan Donizar fraksi PDI- P & PKB. Total 11 orang.

Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan untuk menjaga kestabilan dan pelaksanaan tugas anggota DPRD yang ditempatkan pada semua alat kelengkapan dewan, maka perpindahan pada alat kelengkapan lain dilakukan dalam waktu 2 tahun 6 bulan, sedang alat kelengkapan lain 1 tahun sekali.

Karena sudah berakhir masa tugas sesuai periode anggota DPRD Sumbar pada alat kelengkapan dewan, pimpinan sudah menyurati masing-masing fraksi untuk menempatkan anggotanya pada alat kelengkapan dewan.

"Sebelumnya kita sudah melakukan komunikasi dengan fraksi-fraksi yang ada, untuk menempatkan masing-masing anggota dalam mengisi alat kelengkapan dewan, sesuai dengan aturan yang ada, karena sudah waktunya untuk melakukan perpindahan," tutur ketua DPRD Sumbar Supardi dalam memimpin rapat paripurna, Jumat (4/3/2022).

Ditambahkan Supardi, untuk pemilihan badan kehormatan (BK), akan dilakukan pada paripurna mendatang, sesuai dengan ketentuan yang sudah ada dan disepakati bersama.

"Untuk paripurna kali ini kita tidak menetapkan badan kehormatan, dan kita akan tentukan pada paripurna mendatang," tegas Supardi lagi.

Alat kelengkapan dewan yang dirotasi ditetapkan dengan surat keputusan nomor 4/SB/2022 untuk Bamus, nomor 5/SB/2022 untuk Banggar, nomor 6/SB/2022 untuk komisi-komisi, dan nomor 7/SB/2022 untuk Bapemperda, dengan masa bakti 2022-2024, dan akan ada perubahan nantinya jika 

Lantas apa kata Ketua Fraksi Partai Gerindra Hidayat soal berita ini? "Belum final, masih dalam pembahasan," ujarnya.

Ketua Fraksi PAN Muhayatul juga membenarkan, pernyataan Hidayat. "Belum selesai penetapan anggota fraksi di Komisi-komisi," sebutnya. (***)



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved