arrow_upward

Wabup Dharmasraya DP Dt. Labuan Wafat, Ini Kata Alex Indra Lukman

Minggu, 13 Februari 2022 : 18.15

 

DP Dt. Labuan

Padang, Analisakini.id-Wakil Bupati Dharmasraya, Dasril Panin (DP) Dt Labuan meninggal dunia, Minggu (13/2/2022). Politisi PDI Perjuangan ini menghembuskan nafasnya yang terakhir sekitar pukul 14.00 WIB, setelah sempat menjalani perawatan intensif sejak Jumat (11/2/2022) di RS Achmad Mochtar Bukittinggi. 

“Saat ini Bupati Dharmasraya, Sutan Riska sedang berada di RSUP Ahmad Muchtar untuk mengurus dan mengawal keberangkatan jenazah almarhum dari Bukittinggi menuju Pulau Punjung,” kata Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat, Alex Indra Lukman dalam pernyataan tertulis.

Almarhum rencananya disemayamkan di rumah dinas wakil bupati Dharmasraya, Jalan Lintas Sumatera KM 2 Pulau Punjung. Direncanakan, Senin (14/2/2022) pagi, Pemkab Dharmasraya akan  melaksanakan upacaya penghormatan terakhir, sekaligus penyerahan jenazah almarhum pada pihak keluarga, untuk dikebumikan di lokasi yang pada saat ini masih dirembukkan pihak keluarga.

Di mata Alex, DP Dt Labuan adalah politisi senior yang di usia senjanya memilih untuk mengabdi di tanah kelahiran. 

Diketahui, mantan Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat ini, lahir di Sungai Dareh pada 6 Agustus 1947. Dia merupakan kepala daerah tertua saat dilantik sebagai wakil bupati Dharmasraya yakni 73 tahun. 

“Setelah kenyang dengan aneka pengalaman di perantauan, Pak Datuk Labuan bersedia untuk jadi wakil Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang akan bertarung sebagai kepala daerah untuk periode keduanya di Dharmasraya,” ungkap Alex. 

“Kini, Pak Datuk Labuan telah dipanggil menghadap-Nya. Semoga Allah mengampuni semua khilaf dan dosa serta keluarga yang ditinggalkan, tabah menghadapi takdir Allah ini,” tambah Alex.  

Setelah malang melintang di sejumlah organisasi kepemudaan tingkat pusat hingga terpilih jadi anggota DPR selama empat periode, DP Datuak Labuan menerima pinangan Sutan Riska Tuanku Kerajaan untuk menjadi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya pada pemilihan serentak 2019. 

Suami dari Andi Megawarni (seorang bangsawan Bugis) ini, akhirnya berhasil memenangi kontestasi pemilihan kepala daerah hingga akhirnya dilantik pada 26 Februari 2021 oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi di auditorium gubernuran. 

Tokoh pemekaran Dharmasraya dari Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung ini meninggalkan seorang putri, Andi Dagmarbumi Batarisuri. Selamat jalan Dt. Labuan. Teruslah ke surga. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved