arrow_upward

RDP dengan PT Waskita, Nevi Zuairina Minta PMN Rp3 Triliun Dapat Efektif Penyelesaian Dua Ruas Tol

Kamis, 17 Februari 2022 : 17.35

 

Hj. Nevi Zuairina.

Jakarta, Analisakini.id-Anggota Komisi VI DPR, Hj. Nevi Zuairina pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VI dengan PT Waskita Karya (persero) Tbk meminta agar BUMN infrastruktur ini dapat menyelesaikan dua ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung dan Bogor-Ciawi Sukabumi. 

Nevi meminta PT Waskita Karya selaku kontraktor pembangunan jalan tol ruas Kayu Agung - Palembang - Betung dan Bogor - Ciawi- Sukabumi dapat menuntaskan pembangunan kedua ruas jalan tol tersebut pada tahun ini. 

“Saya minta, dengan adanya PMN Rp3 triliun ini, PT Waskita dapat menyelesaikan ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung dan Bogor-Ciawi Sukabumi di tahun ini. Dengan selesainya ruas-ruas tol ini, akan sangat membantu masyarakat dalam pergerakannya baik aktivitas perdagangan maupun pariwisata,” tutur Nevi.

Politisi PKS itu juga menekankan, ketika ruas-ruas tol ini sudah mulai dimanfaatkan masyarakat, tarif yang akan dikenakan dari kedua ruas jalan tol tersebut tidak sampai membebani masyarakat sehingga dapat ramai bersamaan dengan berfungsinya ruas tol ini secara penuh.  

Ia menambahkan, diharapkan dengan pemberlakuan tarif yang terjangkau serta beroperasinya kedua jalan tol baru tersebut, masyarakat umum maupun pelaku usaha akan sangat terbantu dan dapat menekan harga-harga komoditas dari pusat produksi ke pusat niaga.

Legislator asal Sumatera Barat II ini menyampaikan, jika tarif yang dikenakan pada ruas jalan tol terasa mahal hal ini akan berdampak pada masyarakat dan akan menjadi keluhan khususnya bagi para pelaku usaha. 

Terlebih lagi, lanjut Nevi, di tengah pandemi COVID-19 yang belum usai ditambah daya beli masyarakat masih rendah serta pemberlakuan pembatasan aktivitas pergerakan masyarakat keluar rumah jelas akan berdampak pada pengguna ruas jalan tol.

Politisi PKS itu menambahkan, nantinya pada tiap Rest Area yang dibangun di dalam ruas jalan tol, harus menyediakan ruang bagi pelaku UMKM sebagai mitra pemerintah untuk mempromosikan dan sekaligus memasarkan produk mereka. 

“Lalu saya minta juga, nantinya tiap-tiap ruas jalan tol ini, dalam membangun rest area yang layak dan representatif. Selain itu sangat penting juga untuk melibatkan UMKM sebagai mitra. UMKM ini sulit berkembang dengan mandiri sehingga perlu dorongan dari lembaga besar seperti BUMN maupun Perusahaan swasta yang sudah mapan,"' ujarnya. 

Nevi menyebutkan, dengan dorongan lembaga dan perusahaan besar, tumbuh kembang UMKM akan dapat terukur baik ukuran maupun waktu.

Lebih jauh ia menyebutkan, kemitraan yang menggandeng UMKM, akan memberi kesempatan kepada pelaku dan produsen produk khas daerah untuk menawarkan produknya pada tempat istirahat (rest area) jalan tol. Masyarakat yang melintas ruas-ruas tol, tambah Nevi akan dapat dengan mudah mendapatkan produk yang khas dari daerah-daerah sepanjang ruas tol tanpa harus keluar jalan tol.

Pengurus DPP PKS ini juga meminta jajaran Direksi PT Waskita Karya untuk aktif melakukan kajian dan study kelayakan investasi di bidang infrastruktur. 

Kedepannya, lanjut Nevi, keberadaan BUMN Karya seperti Waskita dapat memberikan dampak bukan hanya bagi pembangunan fisik di tengah masyarakat, namun juga memberi efek positif bagi keuangan perusahaan dan pengembangan ekonomi. 

“Saya berharap setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh PT Waskita Karya memiliki studi kelayakan ekonomi dan keuangan yang mumpuni. Karena kedepannya, diharapkan akan memiliki dampak positif terhadap kinerja perusahaan dan pembangunan ekonomi. Dengan begitu, dana yang dialokasikan dapat benar-benar bermanfaat bagi kepentingan masyarakat luas”, tutupnya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved