arrow_upward

Presiden PKS Berharap PAN Legowo soal Kursi Wawako Padang

Senin, 21 Februari 2022 : 15.24

 

Ahmad Syaikhu.

Padang, Analisakini.id- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu berharap Partai Amanat Nasional (PAN) legowo untuk menyerahkan kursi wakil walikota Padang kepada kader PKS, karena saat ini walikota sudah dijabat oleh kader PAN.

"Kami membangun koalisi kebersamaan dengan PAN dan jika ingin terjaga dengan baik dan berkelanjutan, maka PAN harus legowo memberikan kursi wawako kepada PKS," kata Syaikhu, di Padang dikutip Antarantara, Senin (21/2/2020).

Menurutnya saat ini Walikota Padang dari PAN, sehingga mestinya wakil walikota berasal dari PKS.

"Saya sudah menandatangani dua nama untuk disiapkan jadi wakil walikota Padang, hanya saja ada hal yang amat disayangkan PAN ingin mencalonkan juga kadernya," kata dia.

Syaikhu melihat pengisian kursi wakil walikota Padang menjadi pasar bebas dan penuh pertarungan.

"Ini bisa mengganggu hubungan koalisi dua partai yang selama ini sudah berjalan baik," ujarnya.

Karena itu, PKS amat berharap sikap legowo dari PAN untuk menyerahkan kursi wakil walikota. Ia mengakui hingga saat ini belum ada kesepakatan dan titik temu dengan PAN soal pengisian kursi wawako tersebut.

Pada sisi lain, Presiden PKS menyampaikan sudah bersilaturahmi dengan DPP PAN soal wakil walikota Padang namun belum ada titik temu.

Syaikhu mengibaratkan wali kota dan wakil walikota seperti suami istri dan biasanya seorang suami tidak akan tahan lama-lama ditinggal istri.

"Jadi Walikota Padang seharusnya cepat-cepat mencari wakil yang sesuai," kata dia.

Sejalan dengan itu, Ketua DPW PKS Sumbar Mahyeldi mengingatkan saat ini kepemimpinan kepala daerah di Padang merupakan hasil koalisi PKS dan PAN.

"PKS selalu memberikan dukungan kepada Walikota Padang dan saya yakin Walikota Padang tidak akan lupa soal ini," ujarnya.

Kekosongan kursi wakil walikota Padang berawal dari terpilihnya Walikota Padang Mahyeldi sebagai Gubernur Sumbar pada Pemilihan Gubernur 2020.

Setelah Mahyeldi dilantik sebagai Gubernur Sumbar, kursi Walikota secara otomatis diisi oleh Wakil Walikota Hendri Septa yang berasal dari PAN.

Sejak dilantiknya Hendri Septa sebagai Walikota Padang sisa masa jabatan 2019-2024 pada 7 April 2021, hampir setahun kursi wakil walikota Padang kosong.

Berdasarkan aturan, pemilihan wakil walikota dipilih oleh DPRD Padang melalui pemungutan suara dengan mekanisme partai pengusung yaitu PAN dan PKS mengusulkan dua nama.

PKS kemudian mengusulkan dua nama sebagai calon wakil wali kota yaitu Ketua DPD PKS Padang Muharlion dan Sekretaris MUI Padang Mulyadi Muslim.

Sementara Dewan Pimpinan Pusat PAN resmi menetapkan Ekos Albar sebagai calon wakil walikota Padang untuk mendampingi Walikota Padang Hendri Septa sisa jabatan 2019-2024.

Ketua DPW PAN Sumbar Indra Dt Rajo Lelo mengatakan memang sudah ada nama yang diputuskan partai untuk diusulkan ke DPRD Padang nantinya.

"Kami mengusulkan dua nama ke pusat yakni Ekos Albar dan Amril Amin, DPP memutuskan memilih Ekos dan ini siap kami tindaklanjuti," ujarnya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved