arrow_upward

Peduli, Menag Yaqut Cholil Qoumas Bantu Korban Gempa Pasbar Rp2,35 Miliar

Minggu, 27 Februari 2022 : 17.27
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyalurkan bantuan senilai Rp2,35 miliar untuk masyarakat terdampak gempabumi Pasaman Barat, Sumatera Barat. (Foto/kemenag)

Jakarta, Analisakini.id- Meski belakangan dan hingga kini masih dibanjiri kritik terkait komentar soal suara azan dan gonggongan anjing, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tak kendor rasa pedulinya. Anak tokoh ulama besar ini,  menyalurkan bantuan senilai Rp2,35 miliar untuk masyarakat terdampak gempabumi Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Gempabumi berkekuatan magnitudo 6,1 yang terjadi pada 25 Februari 2022 mengakibatkan korban jiwa, serta kerusakan sejumlah masjid dan musala.

"Saya menyampaikan salam dari Menag Yaqut Cholil Qoumas. Atas arahannya, saya hari ini menyerahkan bantuan senilai Rp2,35 miliar," terang Plt. Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kemenag Thobib Al Asyhar, di Pasaman Barat, Minggu (27/2/2022) seperti dikutip dari poskota.id.

Ia menguraikan sebanyak Rp1,95 miliar untuk rehab masjid dan mushalla, serta Rp400 juta untuk membantu kelengkapan posko tanggap darurat yang disiapkan Kemenag Kabupaten Pasaman Barat.

Thobib ditugaskan Menag Yaqut hadir di Pasaman Barat untuk menyerahkan bantuan sekaligus menyapa masyarakat, serta meninjau sejumlah bangunan yang terdampak gempa.

Secara simbolis, bantuan ini diserahkan kepada Kepala Kankemenag Pasaman Barat Muhamad Nur.

Hadir menyaksikan, Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Barat Helmi, tokoh agama dan masyarakat, serta para penyintas gempa.

Menurut Thobib, dari data awal yang diterima, ada sejumlah masjid dan mushalla yang terdampak gempa, antara lain Masjid Raya Kajai, Masjid As-Salam, Masjid Syuhada, Masjid Taqwa, dan Masjid Istiqomah.

"Rehab masjid dan mushalla ini penting segera dilakukan agar bisa segera digunakan, apalagi sebentar lagi umat Islam akan menyambut Ramadan. Ini menjadi perhatian Menag Yaqut," terang Thobib.

Selain untuk renovasi masjid dan musala, bantuan juga diberikan untuk posko tanggap darurat. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved