arrow_upward

Kabiro Perek dan Kabiro Adpim, Pilihan Gubernur Sumbar Siapa (3)

Jumat, 18 Februari 2022 : 18.48

 

Ilustrasi.

Padang, Analisakini.id-Dua jabatan eselon II Pemprov Sumbar yang dilelang dan ramai peminat adalah Kabiro Perekonomian (Perek) dan Kabiro Administrasi Pimpinan (Adpim). Masing-masingnya 11 pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Untuk mencari tiga besar lalu diserahkan kepada Gubernur untuk ditetapkan satu, memang butuh proses panjang. Ada lagi tahapan yang wajib dilewati yaitu tes penulisan makalah, uji kompetensi, wawancara dan tes kesehatan.Lantas siapa kira-kira yang menjadi pilihan Gubernur Sumbar Mahyeldi? 

Sekali lagi, masih pagi untuk menerkanya, tapi melihat calon pejabat yang lulus di masing-masing jabatan yang dilelang itu, sudah bisa diperkirakan, figur yang bakal menjadi pilihan Gubernur itu. 

Untuk posisi Kepala Biro Perekonomian, ada 11 pejabat yang lulus seleksi administrasi. Dari jumlah itu, hanya seorang pejabat eselon II, yaitu Alfiadi (Staf Ahli Walikota Padang). Bahkan dia sudah tiga kali menduduki jabatan eselon II itu selama mengabdi di Padang, Kepala Bapenda dan Kepala Satpol PP.

Selebihnya, pejabat eselon III, baik Sekretaris Dinas, Kabag dan Analis. Dari pejabat eselon III ini ada nama yang cukup menonjol yaitu Edi Dharma Syafni, Sekretaris Dinsos Sumbar. 

Menonjol karena ada prestasi yang diukir saat mengabdi di Pemko Padang sebagai Kabag Perekonomian. Pada 2018, menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo, karena TPID Padang tiga kali meraih terbaik. Singkatnya, Edi Dharma berpengalaman urus bidang perekonomian ini.

Tanpa mengabaikan nama lain, dua sosok ini Alfiadi dan Edi Dharma sama-sama berpeluang. Patut diketahui juga, Alfiadi kabarnya ada 'tonggak gadang' di belakangnya sehingga mempermudah jalan menuju kursi Kabiro Perek itu. Tapi entahlah, ikuti saja sampai 'finish'. Tinggal lagi soal 'ratak tangan' dan 'ratak ikua'. Hahay.

Untuk jabatan Kabiro Adpim, ini yang agak susah, karena beda rasa, beda olah. Betul-betul berperan melayani dan mendampingi kepala daerah, kemana pergi. Protokoler sangat melekat dan bahan/materi pidato, sambutan kepala daerah juga digodok di sini. Memperlancar akses temui pejabat negara di Jakarta nin ha, juga bagian dari tugas Biro Adpim. Siapa yang pas?

Yang lulus seleksi administrasi ada 11 orang, beragam. Ada dari provinsi, dari kabupaten/kota dan pusat (Kementerian Pemuda dan Olahraga).

Melihat rekam jejak, pengalaman dan kedekatan dengan Gubernur Mahyeldi dan Wagub Audy Joinaldy, maka yang berpeluang itu adalah Adi Dharma (Kabid Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Sumbar), Zardi Syahrir (Kabag Materi dan Komunikasi Pimpinan Biro Adpim).

Ada juga mantan pejabat eselon II Pessel yaitu Ahda Yanuar (Kabag Pengelolaan Layanan Pengadaan secara Elektronik Biro Pengadaan Barang dan Jasa) dan Alfiandri (Sekdishub Sumbar). Masing-masing punya kelebihan dan tentu juga kekurangan.

Siapa yang dipilih Gubernur? Di jabatan ini, runding Gubernur dengan Wagub, cukup sering kali, karena tugasnya terkait dengan 'performa' kepala daerah. Pengatur lalu lintas, akses, penghubung dan menyiapkan materi yang disampaikan di setiap agenda kepala daerah. (Effendi/habis)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved