arrow_upward

Delapan Prodi Unand akan Divisitasi Akreditasi Internasional FIBAA

Senin, 14 Februari 2022 : 20.03

 

Rektorat Unand.

Padang, Analisakini.id- Universitas Andalas (Unand) mengajukan 8 Program Studi (Prodi) untuk mengikuti akreditasi internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). 

“FIBAA merupakan sebuah lembaga di Eropa yang berorientasi internasional untuk penjaminan mutu dan pengembangan mutu dalam pendidikan tinggi dan diakui oleh Direktorat Jenderal Tinggi Kemendikbudristek Republik Indonesia yang menggunakan standar dari German Accreditation Council,” terang ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Andalas Prof. apt. Henny Lucida pada Minggu (13/2/2022).

Disampaikannya Akreditasi ini terbagi menjadi 2 klaster, yaitu Klaster I untuk enam Prodi di Fakultas Ekonomi (FE) dan Klaster II untuk 2 Prodi di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas. 

Enam Prodi pada Klaster I disebutkannya terdiri dari Prodi S1 Ilmu Ekonomi, Prodi S1 Akuntansi, Prodi S1 Manajemen, Prodi S2 Ilmu Ekonomi, Prodi S2 Akuntansi, dan Prodi S2 Manajemen sedangkan dua Prodi pada Klaster II terdiri dari Prodi S1 Sastra Jepang dan Prodi S1 Sastra Indonesia. 

Henny menyampaikan FIBAA akan melakukan visitasi daring untuk prodi Klaster I selama 4 hari yang dimulai pada 14 Februari - 17 Februari 2022. 

Lalu, untuk Prodi Klaster II juga akan divisitasi selama 4 hari yang dimulai tanggal 22 – 26 Februari 2022. Dalam visitasi ini akan dilakukan interview kepada tim manajemen, tim dosen, tim mahasiswa dan alumni, dan tenaga tendik. 

Sebelumnya Unand juga telah terakreditasi Internasional dari ABET untuk 3 prodi, yaitu Prodi S1 Mesin, Prodi S1 Teknik Industri dan Prodi S1 Teknik Lingkungan dan dari IABEE untuk Prodi S1 Teknik Lingkungan dan Teknik Elektro, serta dari ABEST 21 untuk Prodi S2 Magister Manajemen. 

Tujuh Prodi juga telah tersertifikasi AUN-QA, yaitu Prodi S1 Kedokteran, Prodi S1 Akuntansi, Prodi S1 Biologi, Prodi S1 Farmasi, Prodi S1 Fisika, Prodi S1 Manajemen, dan Prodi S1 Ilmu Ekonomi.

“Hal ini merupakan langkah nyata dari Unand untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan daya saing secara global agar terbentuk calon pemimpin masa depan Indonesia yang  berkarakter dan tangguh,” ujar Guru Besar Fakultas Farmasi.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved