arrow_upward

Wako Padang Hendri Septa Resmikan 1.627 Sambungan Rumah Pamsimas di Batu Gadang

Sabtu, 01 Januari 2022 : 17.54

 

Walikota Hendri Septa bersama Kepala DPRKP Padang Tri Hadiyanto dan pejabat lainya bersama sejumlah tokoh masyarakat.(ist)

Padang, Analisakini.id- Walikota Padang Hendri Septa meresmikan 1.627 Sambungan Rumah (SR) Air Bersih Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas) yang tersebar di 19 lokasi di Padang. 

Peresmian secara simbolis dilakukan Hendri Septa di Kantor Badan Pengolahan Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP-SPAMS) Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Jumat (31/12/2021).    

Hendri Septa mengatakan, peresmian 1.627 SR ini membuktikan  Pemerintah Kota Padang hadir sebagai fasilitator dan pelayannya masyarakat. Pemerintah Kota Padang harus bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakatnya, seperti kebutuhan air bersih dan sanitasi ini.

"Untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan tersebut, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, harus dibantu oleh banyak pihak. Seperti kali ini adanya SPAMS Kelurahan Batu Gadang. Berkat kerja sama, program Pamsimas telah berhasil kita wujudkan di Kelurahan Batu Gadang ini," ujar Hendri Septa.

Hendri Septa melanjutkan, dengan diresmikannya Pamsimas ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga kelurahan Batu Gadang. Warga tidak perlu susah untuk mendapatkan kebutuhan air bersih karena sudah sampai di rumah masing-masing.

"Diharapkan juga warga Kelurahan Batu Gadang dapat menjaga dan merawat Pamsimas ini dengan baik. Sehingga nantinya dapat berkembang lebih baik lagi," pungkas Wako Hendri Septa didampingi Kepala Bappeda Yenni Yuliza.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan  Kawasan Permukiman (DPRKP) Padang Tri Hadiyanto mengatakan, pada tahun ini, khusus untuk penyediaan air minum, DPRKP Padang mendapat anggaran Rp 6,2 miliar, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), APBD dan APBN.   

"Khusus untuk kelurahan Batu Gadang ini, kita telah membangun dan menyediakan 369 sambungan rumah dengan anggaran Rp900 juta. Mudah-mudahan ke depan nanti hal ini bisa bertambah," ungkapnya. 

Kepala DPRKP Padang itu menambahkan, program Pamsimas yang dilakukan saat ini menjawab program nasional "100-0-100". Dimana Pemerintah wajib menyediakan 100 persen akses air minum, nol kawasan kumuh dan 100 persen akses sanitasi bagi masyarakat.

"Sejak 2015 kita sudah bisa menyiapkan 85 lokasi Pamsimas yang tersebar di 8 kecamatan dan 39 kelurahan. Saat ini ketersediaan air bersih di Padang telah mencapai 87,6 persen. Dimana sebagian besar telah dikerjakan oleh Perumda Air Minum Padang," sebutnya.

Hadir di kesempatan itu, Camat Lubuk Kilangan Bapak Elfian Putra Ifadi, Lurah Batu Gadang Afrimen, Ketua Karang Taruna Kota Padang Yaldi Chaniago, Babinsa-Babin Kamtibmas, Pengurus KAN dan Ketua  RT/RW se-Kecamatan Lubuk Kilangan, serta tamu undangan lainnya. (***)




Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved