arrow_upward

Pemprov Sumbar dan Jambi Sepakati Enam Bidang Perjanjian Kerja Sama, Ini Rinciannya

Kamis, 06 Januari 2022 : 19.25

 

Gubernur Mahyeldi dan Gubernur Jambi, Al Haris menandatangani MoU 6 bidang pada Rapat Paripurna HUT Provinsi Jambi ke-65 Tahun, di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Kamis (6/1/2022). (ist)

Jambi, Analisakini.id-Setelah Riau dan Bengkulu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus menjalin sinergitas dan memperkuat kerja sama dengan provinsi-provinsi tetangga. Kali ini, kerjasama dibina dengan Negeri Sepucuk Djambe, Sembilan Lurah, Provinsi Jambi.

Nota kesepahaman antar kedua provinsi ini ditandantangani langsung oleh kedua gubernur masing-masing daerah dalam rangkaian Rapat Paripurna HUT Provinsi Jambi ke-65 Tahun, di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Kamis (6/1/2022).

Momentum ini sangat penting dan bersejarah sebab selain Sumbar, pada saat yang sama juga dilakukan hal serupa antara Gubernur Jambi dengan empat provinsi lainnya, yakni Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Bangka Belitung dan Sumatera Selatan.

Peristiwa itu bahkan disaksikan langsung oleh Dubes RI untuk Rumania dan Malcedonia, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kejagung RI, Konsulat Turki untuk Wilayah Sumatra, beserta ratusan undangan rapat paripurna.

Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Gubernur Jambi Al Haris sama-sama menyambut baik kerja sama dalam rangka untuk saling menguatkan peran Sumatera. Sekaligus meningkatkan kontribusinya untuk kemajuan Indonesia.

"Kerja sama ini yang merupakan wujud keseriusan kita dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan. Kerja sama ini penting dan sudah kami rasakan manfaatnya pada saat kasus covid meningkat. Berangkat dari pengalaman itulah, kita ingin memperkuat kerja sama," ungkap Mahyeldi.

Kesepakatan bersama (MoU) itu juga langsung ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada 6 (enam) bidang, yaitu bidang Pariwisata, pertanian, perkebunan, pangan, trantibum linmas wilayah perbatasan serta bidang kebencanaan.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo mengatakan kerja sama yang dibangun bermanfaat untuk meningkatan kapasitas daerah dalam penggunaan sumberdaya secara lebih optimal dan pengembangan ekonomi lokal, dalam rangka menekan angka kemiskinan dan mengurangi disparitas wilayah. 

"Kerja sama ini juga akan bermanfaat intuk mengatasi keterbatasan anggaran dan SDM daerah, meningkatkan efektivitas penyelenggaraan fungsi pemerintah, meningkatkan pemasukan bagi kas daerah, serta meningkatkan pemerataan hasil pembanqunan," kata Doni.

Hadir dalam penandatanganan perjanjian kerja sama dengan OPD Pemprov Jambi, Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kalaksa BPBD Jumaidi, Kadis Pariwisata Novrial, Kadis Kominforik Jasman Rizal, Kasatpol PP dan Damkar Irwan, dan Kabiro Adpim Hefdi.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved