arrow_upward

Omicron Terdeteksi di Sumbar, Rumah Sakit Siagakan, 31 Sampel 15 Omicron

Kamis, 27 Januari 2022 : 15.32

 

Ary Tuswandi.

Padang, Analisakini.id-Akhirnya terdeteksi juga Covid-19 varian omicron  di Sumatera Barat (Sumbar). Untuk menghadapi lonjakan pasien, pemprov menyiagakan rumah sakit untuk menampung pasien positif corona.

"Sudah ada sesuai arahan, jadi kita lakukan memberi tahu ke kabupaten kota agar mewaspadai peningkatan kasus," kata Kepala Dinkes Sumbar Arry Yuswandi, Kamis (27/1/2022).

Tindakan ini mengikuti saran dari Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas (Unand) dr Andani Eka Putra terkait penanganan varian omicron.

Di antara sarannya yaitu rumah sakit disiapkan kembali, sebagai antisipasi awal. Kemudian dilakukan tracing lebih baik sehingga kontrol lebih mudah. Lalu protokol kesehatan juga diatur lebih baik dengan mewajibkan mall, kantor atau pasar menggunakan aplikasi peduli lindungi.

"Kita sudah meminta semua dinas di kabupaten kota agar melakukan tracking, tracing dan testing secara efektif. Kemudian kita ingatkan agar rumah sakit siapkan seperti tempat tidur dan ruangan antisipasi kasus," katanya seperti dikutip dari inews.id.

Arry menambahkan sebelum kasus omicron ditemukan, pihaknya sudah bersurat kepada dinas kesehatan kabupaten/kota dan semua rumah sakit bersiap dengan peningkatan kasus.

Sementara itu, dr Andani mengatakan, omicron ditemukan setelah pihaknya memeriksa sampel pasien positif Covid-19.

"Berdasarkan pemeriksaan di laboratorium pagi ini, dari 31 sampel yang positif, 15 sampel di antaranya omicron. 15 omicron atau 48 persen dari total populasi. Saya memperkirakan 48 persen populasi covid-19 kita adalah omicron," katanya.(***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved