arrow_upward

Diperjuangkan Muhayatul, Puluhan Tahun Menanti, Akhirnya Jalan Balai Akek Diperbaiki

Minggu, 12 Desember 2021 : 18.19

 

Anggota DPRD Sumbar Muhayatul didampingi Walinagari Kapuh Zurmanto dan sejumlah tokoh masyarakat meninjau pembangunan jalan di sana. (ist).

Padang, Analiskini.id-Sudah lama betul masyarakat mendambakan jalan yang menjadi urat nadi bagi perekonomian dan sekaligus memperlancar akses untuk diperbaiki. Tapi apa daya, sudah diusulkan, realisasi tak ada. Warga hampir saja putus saja. 

"Warga menganggap pemerintah tidak peduli. Di daerah lain pembangunan lancar. Jalan rusak, dilaporkan, dan tak lama menunggu, jalan itu diperbaiki pemerintah. Kita di sini, entah kapan didengar,' ucap seorang tokoh masyarakat di Simpang Jalan Balai Akek Kampung Kapuh, Kenagarian Kapuh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan.

Dambaan warga setempat, akhirnya terkabul setelah Anggota DPRD Sumbar Muhayatul datang ke sana. Politisi PAN yang dipercaya menjadi wakil rakyat dari Pesisir Selatan sejak akhir Agustus 2019, mencium hal tersebut. Keluhan masyarakat setempat, bukanlah keinginan, tapi benar-benar kebutuhan masyarakat.

Menurut dia, hal itu tak bisa dibiarkan atau ditunggu lama. Harus segera diperbaiki. Jalan ini adalah urat nadi bagi masyarakat Balai Akek dan sekitarnya. "Alhamdulillah, didanai APBD Sumbar 2021 dan diperkirakan selesai dikerjakan dalam minggu ini," sebut Muhayatul kepada Singgalang, Minggu (12/12/2021) di Padang.

Mulyadi Dt. Rajo lenggang, tokoh masyarakat lainnya merasa lega. "Akhirnya keinginan kami terwujud berkat bantuan aspirasi dari anggota DPRD Sumbar, Pak Muhayatul,” katanya, Sabtu (11/12/2021).

Ia menyebutkan, jalan tersebut merupakan salah satu akses pemukiman bagi para nelayan dan juga puskesmas pembantu (Postu) yang ditempati lebih kurang 200 Kepala Keluarga (KK) di daerah itu.

Jalan tersebut rusak lebih kurang sepanjang 500 meter, bakal dilakukan pengecoran Ready Mix sepanjang 265 meter melalui dana aspirasi anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, dan selesai dalam minggu ini.

“Walaupun belum semua jalan ini cor, kami mengucapkan terimakasih atas bantuanya. Dan kami berharap pengcoran itu tak terhenti sampai di sini. Namun dapat berlanjut pada 2022 mendatang,” harapnya.

Muhayatul, mengatakan, sebagai anggota DPRD Sumbar akan selalu memperjuangkan aspirasi masyarakat serta merealisasikan namun tentu butuh waktu. Pada intinya dirinya siap menargetkan untuk menuntaskan jalan yang rusak tersebut.

Untuk kedepannya, lanjut Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional Sumbar itu menyampaikan, dengan melihat kondisi anggaran terlebih dahulu, karena ia tidak mau berjanji – janji dalam menampung aspirasi masyarakat.

“Sekira anggaran itu ada tentunya jalan ini kita tuntaskan. Tapi kalau belum nanti kita carikan solusinya,” ujar Ketua Fraksi PAN DPRD Sumbar ini.

Dijelaskan, dari 2020 – 2021, dana aspirasinya yang sudah digelontorkan mencapai Rp10 miliar untuk Pesisir Selatan.

Semua itu, diperuntukkan untuk jalan usaha tani, jalan pemukiman warga, fasilitas pendidikan, pertanian dan kelautan, termasuk sektor ekonomi lainnya.

Dalam kunjungan ke lokasi pekerjaan itu, Muhayatul selain didampingi Mulyadi Dt. Rajo Lenggang, juga didampingi Walinagari Kapuh Zurmanto, Ketua Bamus, Doni Aswadi, Ketua Pemuda dan tokoh masyarakat lainnya.

Walinagari Kapuh, Zurmanto mengungkapkan dari pemerintah nagari mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Sumbar, Muhayatul, yang telah merealisasikan pembangunan jalan di daerah itu.

“Dan kami berharap selama menjadi anggota dewan, agar dapat menampung dan memenuhi aspirasi masyarakat kami,” harapnya. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved