arrow_upward

Sistem Digitalisasi, Jadi PNS tak Lagi Menjanjikan untuk Milenial

Selasa, 30 November 2021 : 19.14
Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si.

Jakarta, Analisakini.id-Pemerintah berencana untuk mengganti beberapa pekerjaan dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan sistem digital atau robot. 

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mengatakan, hal itu semestinya menjadi perhatian bagi generasi milenial untuk tidak lagi menganggap PNS sebagai pekerjaan yang menjanjikan. 

Pemerintah harus melakukan terobosan untuk mendorong dan memberikan motivasi bagi generasi milenial menciptakan pekerjaan dan inovasi yang lebih produktif.

"Mindset-nya milenial harus diubah, PNS bukan lagi merupakan  pekerjaan menjanjikan dan di buru," ujar Guspardi, Selasa ( 30/11/2021). 

Menurutnya, pola berpikir milenial harus di arahkan untuk berwirausaha dengan berbagai inovasi agar mendapatkan penghasilan lebih besar dan dapat menciptakan peluang lapangan pekerjaan. 

"Pemerintah juga mesti mendorong dan mempunyai program untuk kaum millenial yang bernuansa terciptanya inovasi wirausaha," kata politisi PAN ini. 

Legislator dapil Sumbar 2 itu juga mengharapkan pemerintah dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya serta memberikan informasi, proyeksi kebutuhan PNS kedepan tidak banyak lagi ke depan. 

"Pemerintah buka lapangan kerja sebanyak-banyaknya, selain dari PNS. Pemerintah juga harus berani menyatakan jumlah PNS yang diperlukan dalam jangka waktu tertentu hanya sebanyak sekian, sehingga para sarjana tidak menatap PNS sebagai ladang pekerjaan," pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved