arrow_upward

Peran Guru PAUD Sangat Penting dalam Perkembangan Kualitas SDM

Kamis, 04 November 2021 : 19.33
Ketua Himpaudi Padang Desi Susanti bersama Bunda PAUD Sumbar Harneli Mahyeldi, Bunda PAUD Padang Geni Hendri Septa, Ketua DPRD Padag Syafrial Kani, Ketua Himpaudi Sumbar Sumarni dan pejabat lain serta pengurus Himpaudi Padang usai dilantik, Kamis (4/11). (rian)

Padang, Analisakini.id-Peran seorang guru, khususnya guru pendidikan anak usia dini (PAUD) sangat penting dalam menopang perkembangan kualitas sumber daya manusia (SDM). Untuk itu, layanan PAUD yang dijalankan selama ini, mesti terus ditingkatkan kualitasnya. 

"Anak-anak usia dini adalah usia emas. Oleh karena itu, jangan disia-siakan. Isilah mereka dengan bekal yang mumpumi. Jadi para pendidik/bunda PAUD perannya sangat vital di sini," kata Bunda PAUD Sumbar Ny. Harneli Bahar Mahyeldi, dalam acara pelantikan pelantikan pengurus daerah Himpungan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Padang, Kamis (4/11/2021) di palanta rumah dinas Walikota.

Harneli berharap ke depan Himpaudi Padang melahirkan program dan terobosan sehingga eksistensi Himpaudi benar-benar dirasakan rakyat sekaligus dampak positif. Tahun lalu, guru Himpaudi berprestasi dapat reward umrah, ke depan kalau bisa ditambah. Begitu pula pemberian beasiswa.

Sedangkan Bunda PAUD Kota Padang, Ny. Geni Hendri Septa menyebutkan pondasi guna meletakkan dasar-dasar karakter anak terletak pada pendidikan anak usia dini (PAUD). Hal tersebut merupakan masa emas (golden age) anak dalam melakukan proses tumbuh kembang.

"Oleh karena itu dibutuhkan para guru/pendidik PAUD yang siap dalam menghadapi berbagai tantangan zaman guna menyiapkan generasi-generasi emas bangsa. Yang menjadi masalah sekarang, insentif yang diterima guru/pendidik PAUD masih kurang. Kita berharap dukungan Ketua DPRD Padang dan Bunda PAUD Sumbar menyikapi hal ini. Bersama-sama kita carikan solusi,"terangnya.

Sedangkan Ketua DPRD Padang Syafrial Kani mengungkapkan, PAUD memiliki makna yang luar biasa, pengetahuan pada usia PAUD menjadi pondasi pembentukan karakter para calon generasi emas bangsa nantinya. Dalam Islam pun diajarkan, pendidikan anak usia dini harus menjadi perhatian.

Disebutkan Syafrial, menjadi generasi emas tidak hanya unggul hanya dalam bidang prestasi namun juga harus memiliki kompetensi sosial yang baik agar mereka memiliki kepedulian sosial ketika terjun di masyarakat.

"Soal insentif atau honor guru/pendidik PAUD yang masih minim sementara perannya penting, Insya Allah akan kita perjuangkan di DPRD,' kata Syafrial dan disambut tepuk tangan oleh hadirin.

Pelantikan pengurus Himpaudi Padang itu yang diketuai oleh Desi Susanti itu dilakukan oleh Ketua Himpaudi Sumbar, Sumarni. Lalu dilanjutkan penyerahan pataka Himpaudi dan penandatangan berita acara pelantikan.

Desi Susanti usai dilantik, mengatakan, pihaknya akan berupaya memberikan yang terbaik untuk kemajuan Himpaudi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Namun dia menekankan, hal itu bisa dilakukan, secara bersama-sama. "Berikan juga kami masukan dan kritikan konstruktif. Pengurus bukanlah orang yang sempurna," ujar Desi.

Baik Bunda PAUD Sumbar, Bunda PAUD Padang, Ketua DPRD Padang dan Ketua Himpaudi Sumbar sama-sama mengucapkan terimakasih kepada pengurus yang baru dilantik dan berharap ke depan Himpaudi lebih berperan lagi dalam memberikan pendidikan dan pembinaan kepada anak-anak usia dini. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved