arrow_upward

Kunker ke Kerajaan Jambu Lipo, Leonardy Harmainy Sebut Ketua DPD LaNyalla Dapat Gelar Kehormatan Tuanku Palito Alam

Minggu, 28 November 2021 : 14.16

 

Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti bersama rombongan saat kunker ke Kerajaan Jambulipo. (ist).

Sijunjung, Analisakini.id-Senator Sumatera Barat H. Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa bersama Ketua DPD AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dan rombongan berkunjung ke Kerajaan Jambulipo, Sijunjung, Sabtu (27/11/2021).

Leonardy Harmainy mengatakan agenda ini membuat LaNyalla, teringat kembali kepada perjuangan para pendiri bangsa yang menjelaskan Sumbar melahirkan banyak tokoh bangsa.

"Alhamdulillah para rombongan terutama ketua DPD yang berasal dari Jawa Timur ini, bangga dan senang sekali berada di Sumbar. Apalagi melihat situs budaya dan mendengarkan cerita sejarah minang dan kerajaan kerajaan, bahwa provinsi ini adalah gudangnya pahlawan nasional dan tokoh pendiri bangsa,” terang Leonardy

Agenda ini, bertujuan untuk meresapi apakah hari ini cita-cita luhur semakin dapat dirasakan atau semakin jauh dan hilang tertelan perubahan wajah Indonesia, dari negeri Pancasila menjadi negara kapitalis liberalis.

“Ketua DPD terus berkeliling mendatangi satu per satu Kerajaan dan Kesultanan Nusantara sebagai bagian dari komitmen DPD sebagai wakil daerah. Dan Alhamdulillah hari ini, Ketua DPD LaNyalla bisa sampai di Kerajaan Jambulipo, Sumbar,” tuturnya.

Kedatangan Ketua DPD ini, menggugah kesadaran berbangsa, bahwa bangsa ini adalah bangsa yang besar, karena dilahirkan oleh sebuah peradaban yang unggul dan tercatat dalam sejarah dunia, yaitu peradaban Kerajaan dan Kesultanan Nusantara.

“Inilah yang kerap ia sampaikan di beberapa kesempatan,  kita terlahir dari bangsa yang besar yang tercatat dalam peradaban dunia yakni Kesulatanan Nusantara” papar Ketua Badan Kehormatan DPD RI itu.

Senada dengan itu pula, Raja Jambulipo, Yang Mulia Tuanku Rajo Godang Firman Bagindo Tan Ameh Rajo Alam Jambulipo mengaku amat sangat berkesan dengan kehadiran Ketua DPD. Ini sejarah terukir pertama kali ada seorang pejabat level tinggi nasional datang ke kerajaannya. Oleh karena itu, Ketua DPD LaNyalla mendapatkan gelar kehormatan dari Kerajaan Jambulipo Yang Mulia Tuanku Rajo Godang Firman Bagindo Tan Ameh Rajo Alam dengan gelar “Tuanku Palito Alam”

“Terima kasih dan kami sangat terharu. Ini tanda-tanda akan membawa manfaat untuk kami dan juga manfaat untuk Ketua DPD di karir politik di kancah nasional,” ujarnya.

Ketua DPD dan rombongan disambut tuan rumah Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dan Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah. Dari pihak kerajaan ada Yang Mulia Tuanku Rajo Godang Firman Bagindo Tan Ameh Rajo Alam Jambu Lipo, Yang Mulia Tuanku Rajo Godang Sultani Bagindo Maharajo Indo Rajo Ibadat Jambu Lipo dan Yang Mulia Tuanku Rajo Godang Bangindo Tan Putih Rajo Adat Jambu Lipo dan kerabatnnya.

Selain itu, dalam kunjungan kerja di Sumbar, LaNyalla didampingi sejumlah senator, yaitu Leonardy Harmainy, Emma Yohanna, Alirman Sori (Wakil Ketua Kelompok DPD di MPR), Muslim Yatim. Semua dari Sumbar. Lainnya, Bustami Zainudin (Lampung), Ahmad Bastian (Lampung), Bambang Sutrisno (Jawa Tengah), Evi Apita Maya (NTB), Bambang Santoso (Bali). (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved