arrow_upward

Wako Padang Hendri Septa: Mari Jadikan Tahun Baru Islam 1443 H Momentum untuk Peningkatan Kualitas Diri

Rabu, 11 Agustus 2021 : 16.43

 

Walikota Padang Hendri Septa didampingi Kepala Kemenag dan Ketua MUI Padang. (humas)

Padang, Analisakini.id-Meski di tengah badai Covid-19 yang masih melanda, momentum pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H tetap diperingati dan digelar Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui kegiatan Tabligh Akbar secara virtual, Selasa (10/8/2021) malam. 

Kegiatan tersebut dipimpin Walikota Padang Hendri Septa dari kediaman resminya. Terlibat langsung di kesempatan itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Padang Edy Oktafiandi yang juga selaku pentausiah beserta jajaran serta Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Padang Japeri Jarab. 

Selain itu hadir mendampingi walikota diantaranya Kabag Kesra diwakili Kasubag Bintal Spiritual Zul Asfi, M.Ag, Kabag Umum Bobby Firman dan Kabag Prokopim Amrizal Rengganis.

Adapun tema yang diangkatkan dalam kegiatan ini adalah "Melalui Peringatan Tahun Baru Islam 1443 H, Kita Tingkatkan Kualitas Pendidikan dengan Penerapan Wajib Baca Tulis Alquran Lanjutan pada Tingkat SLTP/MTs".

Walikota Padang Hendri Septa dalam hantaran katanya menyampaikan beberapa harapan sekaitan arti penting momentum memasuki tahun baru Islam tersebut.

"Kita harus sama-sama menginstropeksi diri. Bagaimana di tahun sebelumnya 1442 H apa yang telah kita lakukan dan dapatkan, semoga untuk tahun ini dan selanjutnya lebih baik dan lebih meningkat lagi. Mari kita renungkan dan evaluasi apa saja yang telah kita hasilkan dari setahun yang lalu," ujarnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Padang itu juga mengajak warga Padang dapat memaknai momentum tahun baru Islam dengan semangat untuk meningkatkan potensi diri. 

"Jangan sampai momentum tahun baru Islam kita maknai secara biasa-biasa saja. Sebab di dalam Islam kita diajarkan bahwa hari ini harus lebih baik dari hari sebelumnya. Begitu juga tahun depan tentu harus lebih baik dari tahun sebelumnya," cetus dia.

"Mari kita tingkatkan potensi diri kita dengan apa saja yang kita bisa dan kita punya. Melalui momentum tahun baru Islam 1443 H ini semoga menjadi pemicu dan pemacu kebangkitan dari potensi diri kita masing-masing," sebut wako milenial itu.

Lebih jauh Wako Hendri Septa juga membeberkan pentingnya dukungan seluruh warga Kota Padang dalam pengendalian Covid-19 yang masih mewabah sampai saat ini. Sebagaimana baru-baru ini Padang kembali diminta Pemerintah Pusat menerapkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 untuk pengendalian Covid-19 hingga per 23 Agustus 2021.

"Oleh karena itu, mari bersama-sama kita memerangi dan mengakhiri pandemi yang mewabah hampir dua tahun ini. Ini tentu bukan kerja pemerintah saja, tapi tanggungjawab kita semua seluruh warga Kota Padang. Semoga dengan dukungan dan kebersamaan dari semua pihak dan warga Kota Padang, insya Allah badai ini akan berlalu," ujar Walikota.

Di akhir kegiatan juga turut dilakukan pencanangan Kota Padang sebagai Kota Tahfidz secara resmi oleh Walikota Padang Hendri Septa.

Seperti diketahui, meski berlangsung secara virtual kegiatan Tabligh Akbar menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H tersebut berlangsung semarak. Kegiatan itu diikuti ratusan partisipan terdiri dari para kepala OPD di lingkup Pemko Padang, Camat dan Lurah serta Kepala SD/MI dan SMP/MTs se Kota Padang. 

Selain itu juga pengurus BKS TPQ/TQA, FKDT, MDA/MDTA serta pengurus masjid/musala se-Kota Padang. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved