arrow_upward

Serahkan Mobil Dinas Baru kepada Satgas Covid-19, Kini Gubernur Sumbar Gunakan Mobil Pribadi

Kamis, 19 Agustus 2021 : 17.00
Gubernur Sumbar, Mahyeldi serahkan surat dan kunci mobil dinas Gubernur kepada Ketua Satgas Covid-19. (adpim).

Padang, Analisakini.id-Usai menyerahkan mobil dinas barunya untuk kendaraan operasional penanganan Covid-19, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi bakal menggunakan mobil pribadinya untuk kendaraan dinas.

“Sesuai arahan dari Ketua Majelis Syura PKS Dr Salim Segaf al Jufri, maka untuk sementara waktu saya akan menggunakan mobil pribadi untuk kebutuhan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya, Kamis (19/8/2021) di Istana Gubernuran.

Dikatakannya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mewakafkannya untuk melayani rakyat. “Jadi saya akan terus berkomitmen untuk melayani rakyat sebaik-baiknya,” kata dia.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan permohonan maaf sekaitan polemik mobil dinas baru yang telah menimbulkan keresahan dan jadi pembicaraan publik.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Sumbar dan terima kasih atas kepeduliannya,” tuturnya.

Dijelaskan Mahyeldi, pembelian mobil dinas sudah dianggarkan sejak tahun 2020 sebelum dirinya terpilih menjadi Gubernur.

“Penganggaran ini diusulkan oleh DPRD Sumbar dan sudah sesuai prosedur dan mekanisme di pemerintahan,” jelasnya.

Kemudian sambungnya, mobil dinas yang lama beberapa kali mengalami kerusakan teknis sehingga menghambat mobilisasi pelayanan ke daerah.

“Karena mobil yang lama beberapa kali mengalami kerusakan, maka sementara waktu saya dipinjamin mobil oleh salah satu SKPD dengan harapan pelayanan kita kepada masyarakat tetap terlaksana,” katanya.

Ia menambahkan, mobil dinas baru yang disediakan bagian rumah tangga sudah dipakai sejak 1 bulan yang lalu.

“Kita gunakan untuk kegiatan ke daerah yang di antaranya dalam rangka koordinasi penanggulangan Covid-19 karena 4 daerah di Sumbar masuk kategori PPKM level 4,” ungkapnya.

Selain itu, dalam proses pembelian mobil juga dilakukan penghematan anggaran hingga 40 persen dari pagu yang ada.

Di sisi lain, dalam rangka mempertegas komitmen Pemprov untuk penanganan Covid-19  dan bukti kepedulian kepada masyarakat, maka ia telah menginstruksikan kepada SKPD terkait untuk melakukan berbagai hal.

“Saya telah intruksikan kepada SKPD terkait melakukan pengalihan fungsi mobil dinas gubernur menjadi mobil operasional penanganan Covid-19 dan melelang segera mobil dinas yang lama, sehingga dananya bisa dialokasikan untuk penanggulangan Covid-19,” bebernya.

Mahyeldi juga menyerahkan secara simbolis surat dan kunci mobil dinas Gubernur kepada  Satgas Covid-19.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved