arrow_upward

Jokowi Presiden Pertama yang Pakai Sandal saat Pidato Kenegaraan

Senin, 16 Agustus 2021 : 15.49

 


Jakarta, Analisakini.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menarik perhatian masyarakat dengan memakai baju adat Baduy dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI. Dalam rangkaian acara hari ini, Jokowi memakai atribut lengkap seperti tas, ikat kepala, dan sandal.

Menariknya, ini menjadi momen pertama Jokowi memakai sandal di acara kenegaraan. Pada tahun-tahun sebelumnya, Jokowi tak pernah memakai sandal sama sekali.

Sandal yang dipakai Jokowi berwarna hitam, selaras dengan warna baju dan celana yang dipakainya. Di akhir pidato kenegaraan, Jokowi menjelaskan alasan memilih baju adat Baduy.

"Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat Suku Baduy. Saya suka karena desainnya yang sederhana, simpel, dan juga nyaman dipakai," kata Jokowi di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/8/2021).

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Jaro Saijah, Ketua Adat Masyarakat Baduy, yang telah menyiapkan baju adat ini," lanjutnya seperti dikutip dari kumparan.com.

Memang hampir setiap tahun, Jokowi selalu memakai baju adat dari berbagai suku ketika menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI. Seperti pada 2017, Jokowi memakai baju adat Bugis. Saat itu, dia memakai Songkok Emas.

Sementara pada 2018, Jokowi tak memakai baju adat. Dia hanya memakai setelan jas formal.

Pada 2019, Jokowi kembali memakai baju adat. Saat itu, Jokowi memakai baju adat suku Sasak dari Nusa Tenggara Barat. Pada 2020, Jokowi memakai baju adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur.

Di setiap agenda kenegaraan lainnya, Jokowi kerap menggunakan setelan jas lengkap dan sepatu pantofel.

Lalu bagaimana dengan presiden-presiden sebelumnya?

Presiden Soeharto selama masa kepemimpinannya tak pernah memakai baju adat selama menyampaikan pidato kenegaraan. Ia selalu terlihat memakai setelan jas dan pastinya memakai sepatu.

Begitu pula dengan Presiden BJ Habibie dan Presiden Gus Dur. Keduanya juga selalu memakai setelan jas dan memakai sepatu pantofel.

Sementara itu, Presiden Megawati selalu mengenakan kebaya saat pidato kenegaraan. Ia mengenakan selop.

Presiden SBY selama menyampaikan pidato kenegaraan tak pernah memakai baju adat. Selama 10 tahun kepemimpinannya, ia selalu memakai setelan jas lengkap dengan sepatu ketika menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI.

Sehingga, Jokowi menjadi presiden pertama yang mengenakan sandal saat menyampaikan pidato kenegaraan.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved