arrow_upward

Hormati Jasa Pahlawan, Wagub Sumbar Audy Joinaldy Hadiri Renungan Suci

Senin, 16 Agustus 2021 : 23.45
Wagub Sumbar Audy Joinaldy memasuki lokasi renungan suci di makam pahlawan Lolong. (adpim).

Padang, Analisakini.id- Wakil Gubernur Sumatera Barat ( Sumbar) Audy Joinaldy, menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci, bertempat di di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Negara, Padang, Pukul 21:00 WIB Senin (16/8/2021).

Kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021, tingkat Provinsi Sumbar. Bertindak sebagai Inspektur apel kehormatan dan renungan suci oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol. Toni Hermanto.

Kegiatan Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan sebagai bentuk penghargaan kepada para Pahlawan yang telah gugur dalam membela tanah air untuk meraih kemerdekaan Bangsa Indonesia. Kegiatan berlangsung khidmat, diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, dilanjutkan dengan penyalaan obor dan pembacaan teks apel kehormatan dan renungan suci oleh Inspektur Upacara.

"Kami yang hadir pada malam hari ini Minggu 16 Agustus 2020 pukul 21.00 WIB, pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan TNI dan Polri 974 orang. Pegawai Sipil dan Pejuang Rakyat 287 orang, dan pahlawan tak dikenal 49 orang.

Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan, saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagian negara dan bangsa.

Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjungan kami pula, dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga.

Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara sekalian diterima oleh tuhan yang maha esa, serta mendapatkan tempat yang sewajarnya".

Kegiatan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara, pembacaan Doa untuk para arwah Pahlawan, dan ditutup dengan penghormatan terakhir. 

Usai Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Wagub Sumbar Audy Joinaldy mengatakan, Momentum HUT RI ke 76 tahun menjadi landasan semangat juang yang tinggi. Termasuk diantaranya dalam menghadapi pandemi covid-19 yang saat ini melanda. 

"Malam renungan suci ini intinya kita mengenang jasa-jasa para pahlawan kita yang telah berjuang untuk bisa memerdekakan Republik Indonesia. Sekaligus menjadi momentum kita untuk terus berjuang menghadapi pandemi covid-19," ucap Audy.

Ia menyebutkan perjuangan seluruh rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan harus terus dikobarkan sesuai dengan perkembangan zaman. 

Sebagai bentuk penghormatan dan menghargai  jasa para pahlawan pejuang bangsa, Wagub Audy Joinaldy mengajak seluruh masyarakat Sumbar untuk terus menumbuhkan jiwa nasionalisme di HUT Kemerdekaan RI Ke-76 ini.

"Marilah kita terus kobarkan semangat juang para pahlawan kita dengan berkontribusi memajukan bangsa dan negara ini," ajaknya 

Turut hadir dalam upacara tersebut Danrem 032/Wbr, Brigjen TNI Arief Gajah Mada, dan segenap unsur Forkopimda lainya,  serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat. (nov)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved