arrow_upward

Hebat, Sumbar Berangkatkan 10 Pekerja Migran ke Jepang di Masa Pandemi

Jumat, 13 Agustus 2021 : 20.23

 

Gubernur Sumbar Mahyeldi didampingi Kadisnakertrans Nazrizal. (adpim).

Padang, Analisakini.id- Sebanyak 10 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sumatera Barat diberangkatkan ke Jepang setelah melewati proses pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) selama tiga bulan.

"Ini adalah pengiriman PMI pertama dari Sumbar ke Jepang sejak pandemi melanda. Mudah-mudahan ke depan akan semakin banyak tenaga kerja terdidik kita yang bisa mendapatkan kesempatan serupa," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat melepas PMI ke Jepang di Padang, Jumat, 13 Agustus 2021.

Ia mengatakan secara SDM, PMI asal Sumbar sudah sangat memadai untuk bisa bekerja di luar negeri. Kendala yang dihadapi hanya persoalan bahasa.

Karena itu mengusai bahasa asing sudah seharusnya menjadi kewajiban bagi generasi muda saat masih menuntut ilmu di tingkat SMA/SMK apalagi di Perguruan Tinggi.

"Ke depan, penguasaan bahasa asing juga akan menjadi perhatian dalam sistem pendidikan kita di Sumbar," ujarnya.

PMI menurutnya adalah pahlawan devisa yang tidak hanya meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarga tetapi juga berperan dalam membantu devisa negara.

Ia berpesan, sebagai orang Minangkabau yang memiliki falsafah dimana bumi dipijak disana langit dijunjung, PMI yang berangkat harus bisa menyesuaikan diri dengan adat dan kebiasaan di negara tujuan.

Ke depan Gubernur mengatakan pihaknya akan mensingkronkan PMI dengan Minang Diaspora atau perantau Minang yang ada di negara tujuan agar mereka tetap merasa ada yang mengayomi sesama orang dari kampung meskipun di negara tujuan ada lembaga yang akan memberikan pengawasan dan perlindungan. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved