arrow_upward

Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Lubuk Begalung Targetkan 800 Orang

Selasa, 03 Agustus 2021 : 18.25

 

Camat Lubuk Begalung Heriza Syafani S.STP, M.P.A serahkan baju kaos kepada warga secara simbolis dalam gebyar vaksinasi Covid-19 untuk warga Lubuk Begalung, Selasa (3/8). (ist)

Padang, Analisakini.id-Pemerintah Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg) menargetkan dapat melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap 800 warga wilayahnya. Adapun vaksinasi dilakukan selama empat hari (3-6 Agustus) di halaman kantor camat tersebut.

"Gebyar vaksinasi kita adakan selama empat hari.  Bagi warga yang datang dan ikut vaksinasi, dapat kaos gratis untuk 150 pendaftar pertama. Vaksinasi ditujukan kepada warga berusia 12 tahun ke atas dan jangan lupa bawa fotocopy KTP/KK," kata Camat Lubeg, Heriza Syafani, S.STP, M.P.A (3/8/2021) jelang pelaksanaan gebyar vaksinasi.

Guna merealisasikan target tersebut, Camat meminta kerjasama dan dukungan lintas sektor, mulai dari Puskesmas, Koramil, Polsek, Lurah hingga perangkat RT/RW dan tokoh masyarakat maupun tokoh agama.

"Sesuai dengan Instruksi Presiden no 6 tahun 2020, semua stakeholder harus bersinergi dalam upaya mengatasi pandemi COVID 19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun," ujar Camat.

Camat menjelaskan, dalam gebyar vaksinasi ini, warga tidak saja diberi vaksinasi dan kaos gratis tapi juga sosialisasi terkait program vaksinasi ini. Vaksinasi penting guna meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terpapar Covid-19.

"Kita akan libatkan narasumber agar dapat memberikan pemahaman kepada warga untuk bersedia divaksin. Setelah dilakukan edukasi dan sosialisasi, barulah dilakukan vaksinasi oleh pihak Puskesmas," tambah Camat.

Upaya ini menurut Camat sebagai langkah mendukung usaha pemerintah dalam menciptakan Herd Immunity (kekebalan kelompok). Kemudian merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyebaran Covid-19 dan ketika tertular Covid-19 dampaknya tidak terlalu berat.

Menurut Heriza, kunci menekan penyebaran Covid-19 adalah disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta menghindari kerumunan.

"Jangan pernah lalai dalam menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Vaksinasi bukan berarti bebas dari ancaman virus, tapi vaksinasi adalah salah satu upaya meningkatkan antibodi dalam melawan virus. Prokes tetap harus menjadi prioritas dalam melindungi diri," ucapnya.

Untuk menghindari kerumunan, maka pelaksanaan jadwal vaksinasi selama empat hari itu dibagi  untuk beberapa kelurahan. Hari pertama, Selasa (3/8), untuk warga dari Kelurahan Pegambiran Ampalu Nan XX, Pampangan Nan XX, Kampung Jua Nan XX. Hari kedua (Rabu, 4/8), untuk warga kelurahan Batung Taba Nan XX, Lubuk Begalung Nan XX, Gurun Laweh Nan XX, Parak Laweh Pulau Aia Nan XX.

Selanjutnya hari ketiga, Kamis (5/8) untuk warga kelurahan Kampung Baru Nan XX, Cengkeh Nan XX, Tanah Sirah Piai Nan XX, Tanjung Saba Pitameh Nan XX. Dan hari terakhir, Jumat (6/8) untuk warga Gates Nan XX, Koto Baru Nan XX, Tanjung Aua Nan XX dan Banuaran Nan XX. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved