arrow_upward

Jadi Sekdaprov Sumbar Hansastri Sukses Ikuti Jejak Sang "Kakak" Rusdi Lubis

Sabtu, 31 Juli 2021 : 14.21


Padang, Analisakini.id-Hansastri, Kepala Bappeda Sumbar ditetapkan sebagai Sekdaprov Sumbar. Ini setelah Keppres penetapannya sebagai Sekdaprov terbit. 

Hansastri, putra Pasaman Barat kelahiran 13 Oktober 1964 ini terpilih setelah ditetapkan oleh Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketahui oleh Presiden RI. Dari tiga nama yang diajukan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi kepada Presiden melalui Mendagri, memang Hansastri yang meraih nilai tertinggi dari hasil beberapa tahapan seleksi oleh tim Pansel Sekdaprov Sumbar.

Dari tiga calon Sekdaprov Sumbar, dua lainnya (Yozarwardi Usama Putra/Kadishut Sumbar dan Andri Yulika/Staf Ahli Walikota Padang), memang Hansastri lebih senior dan sarat pengalaman. 

Hansastri awalnya adalah ASN pada BPKP Sumbar dan pada tahun 2012 ditarik Gubernur Irwan Prayitno menjadi staf ahli gubernur bidang ekonomi dan keuangan yang kosong setelah pejabat lama Zainuddin diangkat menjadi Kepala Dinas Pendapatan Daerah.

Pada 27 Desember 2016, Hansastri diangkat oleh Gubernur Irwan Prayitno menjadi Kepala Bappeda Sumbar menggantikan Afriadi Laudin yang meninggal dunia pada 9 Agustus 2016. Jabatan Kepala Bappeda Sumbar hingga kini masih tetap dipegang meski gubernur Sumbar berganti dari Irwan Prayitno kepada Mahyeldi.

Saat berkompetisi untuk memperebutkan kursi Sekdaprov Sumbar pada 2018 jelang Sekdaprov Sumbar Ali Asmar pensiun, Hansastri juga ikut. Bahkan masuk lima besar. Tapi gagal masuk tiga besar.

Lima calon itu selain Hansastri (Kepala Bappeda Sumbar), adalah Novrial (Kepala Disdukcapil Sumbar), Abdul Gafar (Kepala Dinas Sosial Sumbar), Benny Warlis (Sekretaris Daerah Payakumbuh), dan Alwis (Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar). Hingga akhirnya yang ditetapkan Keppres adalah Alwis.

Gagal lima tahun lalu, tak membuat Hansastri patah semangat. Justru makin semangat dan mantap ikut. Apalagi perannya sebagai Kepala Bappeda Sumbar saat ini cukup berandil dalam menyusun RPJMD Sumbar 2021-2026. Gubernur Sumbar Mahyeldi sangat terbantu olehnya.

Seratus hari Mahyeldi-Audy dilantik sebagai kepala daerah, Hansastri sukses menyusun buku kinerja Mahyeldi-Audy selama 100 hari. Hansastri memang bekerja profesional. Diandalkan oleh Gubernur Irwan Prayitno, dan kini dipercaya pula oleh Gubernur Mahyeldi.

Dengan diamanahkannya jabatan ASN tertinggi di daerah, berarti Hansastri sukses menggapai jabatan eselon tertinggi di provinsi. Diselidiki pula, Hansastri yang bermarga Matondang ini mengikuti jejak "kakak sarumah" almarhum Rusdi Lubis sebagai Sekdaprov. Juga sama-sama berasal dari Pasaman Barat.

Almarhum Rusdi Lubis menjadi Sekdaprov Sumbar pada 2002 sampai 2005. Istri almarhum Rusdi Lubis adalah kakak kandung dari istri Hansastri Matondang. Dengan kata lain dua orang hebat ini adalah kakak beradik. Serumah mereka. Selamat bertugas Pak Hansastri. Semoga kesuksesan yang pernah diraih sang "kakak" mengalir pula. Horas bah.(Effendi)





 


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved