arrow_upward

Wabup Pasbar Sidak ke Dua Puskesmas, Ini Hasilnya

Minggu, 27 Juni 2021 : 14.00

 

Wabup Pasbar Risnawanto saat sidak ke puskesmas

Pasaman Barat, Analisakini.id - Guna memastikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat Kinali, Wakil Bupati Pasaman Barat H. Risnawanto lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) beberapa hari lalu.

Sidak yang dilakukan oleh Wakil Bupati Pasbar ke dua unit Puskesmas yang ada di Kinali itu langsung didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Jon Ardi.

"Iya, kita lakukan Sidak, tujuannya agar diketahui pelayanan yang ada di Puskesmas tersebut. Apalagi, kesehatan ini salah satu visi misi kita dalam Pilkada lalu," ungkap Wakil Bupati Pasbar, H. Risnawanto melalui Kadiskominfo Pasbar, Edi Murdani, Minggu (27/6/2021).

Disampaikannya, sidak pertama dilakukan di UPT Puskesmas IV Koto Kinali. Disana, Wabup menyampaikan beberapa masukan dan kritikan kepada pihak puskesmas untuk diperbaiki ke depan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Di puskesmas ini ada beberapa yang perlu diperbaiki dan dilengkapi demi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Seperti Perombakan ruangan UGD, perbaikan toilet, perbaikan instalasi air, pemanfaatan rumah dinas menjadi ruang istirahat petugas, percepatan penghapusan aset puskesmas yang tidak terpakai, pembersihan lingkungan puskesmas," katanya.

Dengan kondisi bersih dan tertata dengan baik akan membuat pelayanan yang baik. Maka dari itulah, mari bekerja ikhlas demi masyarakat.

"Tidak cukup dengan bersih dan tertata rapi saja, namun juga pelayanan dari pegawai harus diutamakan, baik senyuman maupun cara melayani fasien," pintanya.

Di samping itu juga, tenaga kesehatan juga harus dibutuhi dengan pelayanan, seperti ruang istirahat. Agar, bekerja itu sama-sama senang dengan mengedepankan layanan yang baik terhadap pasien.

Lagi lagi di Puskesmas VI Koto, Wabup menemui bahwa belum ada tenaga apoteker, tenaga analisis kesehatan, sehingga perlu diusulkan. Perlunya penambahan tenaga perawat, serta adanya kotak saran. Karena dengan itu nantinya dapat terlihat puas atau tidaknya pelayanan yang diterima masyarakat. 

"Hari ini kita hadir untuk melihat kondisi pelayanan kesehatan di dua Puskesmas di Kinali. Dalam hal itu tentu masih banyak yang harus kita siapkan. Karena kita akan memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat di bidang kesehatan," sebutnya juga.

Ia menambahkan, jika sarana dan prasarana kesehatan di setiap puskesmas di Pasbar sudah memadai. Maka pelayanan kesehatan akan mudah untuk ditingkatkan. Namun, untuk saat ini pemerintah belum bisa menganggarkannya.

"Kita akan ajukan juga kepada pemerintah pusat apa kekurangan kita. Semoga pemerintah pusat bisa membantu kita untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana kesehatan ini," pungkasnya. (bis)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved