arrow_upward

Sandang Gelar Profesor HC dan Unhan, Megawati Sebut Masih Ada Beberapa Gelar Lagi Menunggu

Jumat, 11 Juni 2021 : 19.17

 

Megawati Soekarnoputri resmi mendapatkan gelar Profesor Honoris Causa dari Universitas Pertahanan pada Jumat (11/6) (Istimewa)

Jakarta, Analisakini.id-Megawati Soekarnoputri resmi menyandang gelar Profesor Honoris Causa (HC) setelah dikukuhkan melalui sidang senat terbuka Universitas Pertahanan (Unhan), Jumat (11/6/2021). Adapun, dia mendapat gelar guru besar tidak tetap di Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategi.

Dalam kesempatan tersebut, Megawati juga mengatakan akan mendapatkan beberapa gelar Honoris Causa dari beberapa universitas. Kata dia, universitas yang akan memberikan gelar itu berasal dari dalam dan luar negeri.

“Sebenarnya karena Covid-19 ini, masih ada beberapa lagi yang menunggu untuk memberikan gelar Honoris Causa kepada saya. Dari (universitas) dalam dan luar negeri,” jelas dia dalam sidang senat terbuka secara daring, Jumat (11/6/2021) seperti dikutip dari jawapos.com.

Pemberian gelar profesor kehormatan ini dia terima dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab bagi pengabdian kepada bangsa dan negara Indonesia. Terutama di dalam memperkuat tradisi intelektual di dalam seluruh aspek kehidupan.

’’Kepemimpinan srategis tidak hanya diukur dari keberhasilan kepemimpinan di masa lalu, namun juga berkorelasi dengan saat ini, dan melekat dengan tanggung jawab pemimpin bagi masa depan,” kata Megawati.

Adapun, terkait dengan kepemimpinan strategis, khususnya pada masa krisis seperti ini adalah kesadaran dan tanggung jawab. Jadi, tidak hanya diukur dari kemampuan menjalankan tujuan bernegara. Akan tetapi, bagaimana kemampuan menghadapi berbagai perubahan yang membawa disrupsi.

"Saya meyakini, bahwa disrupsi bisa diatasi dengan kepemimpinan strategik yang melekat dengan ideologi bangsa, yakni Pancasila. Pancasila menjadi dasar dan tujuan di dalam menghadapi turbulensi peradaban,” tandasnya. (*)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved