arrow_upward

Mendag M. Lutfi Apresiasi Pedagang Pasar Raya Padang Karena Faktor Ini

Rabu, 07 April 2021 : 15.12

 

Kadis Perdagangan Padang Andree H. Algamar memberikan penjelasan kepada Mendag M. Lutfi yang didampingi Plt. Wako Padang Hendri Septa saat kunjungi Pasar Raya Padang. (humas).

Padang, Analisakini.id -Walikota Padang Hendri Septa menyampaikan terima kasih kepada Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Muhammad Lutfi yang berkunjung ke  Padang. 

Dalam lawatannya ke Padang, Mendag melakukan beberapa agenda penting, di antaranya melakukan peninjauan objek wisata Marawa Resort, peninjauan vaksinasi pedagang Pasar Raya Padang dan peninjauan Pasar Raya Fase VII.

Selasa pagi (6/4/2021) Mendag M.Lutfi beserta rombongan memulai kunjungan kerjanya dengan mengunjungi Marawa Resort. Objek wisata yang berada di kawasan Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan itu, diketahui bakal dijadikan sebuah destinasi wisata baru dan kini sedang dalam tahap pembangunan. 

Siangnya, dilanjutkan dengan kegiatan  peninjauan Pasar Raya Padang sekaitan dengan vaksinasi covid-19 bagi pedagang, peninjauan harga barang kebutuhan pokok jelang Ramadhan, peninjauan Pasar Raya Fase VII dan diakhiri dialog dengan para pedagang pasar di sekitaran Masjid Taqwa Muhammadyah Padang.

"Alhamdulillah, atas nama Pemko Padang, pedagang pasar dan juga warga Kota Padang menyambut baik atas kedatangan bapak Mendag RI M. Lutfi dan juga Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade. Kita berharap, semoga bapak menteri bisa membantu mencarikan solusi terhadap segala upaya yang tengah dilakukan,  terutama dalam hal pembangunan fase VII Pasar Raya Padang," ucap Wako kepada wartawan usai mendampingi Mendag melakukan peninjauan, Selasa sore (6/4/2021).

Menurut Hendri, yang terpenting saat ini adalah bagaimana mencarikan solusi terbaik bagi kemajuan pasar dan pedagang yang berjualan di fase VII Pasar Raya Padang. "Alhamdulillah Mendag telah menyatakan siap mendukung pembangunannya ke depan," sebutnya. 

"Kita telah serahkan proposal permohonan pembangunan fase VII ini senilai lebih kurang Rp 200 miliar. Kita berharap jika terwujud nantinya, di samping fase VII dibenahi kalau bisa juga dibangun terminal di lantai bawah gedung sehingga lalu lintas pun menjadi teratur dan pedagang pun bisa berjualan dengan tertib," pungkas Wako.

Sementara itu Mendag M. Lutfi mengatakan, kunjungannya ke Padang kali ini khususnya di Pasar Raya Padang untuk mendukung pembenahan Pasar Raya Padang .

"Terutama di Pasar Fase VII. Kita berkomitmen bagaimana melalui dukungan APBN dapat membereskan proses pembangunannya ke depan. Mudah-mudahan setelah fase VII ini dibenahi maka akan memperbaiki kegiatan ekonomi Kota Padang. Kita akan berupaya selesaikan segala proses perencanaan pembangunan dan kesiapan anggarannya. Saya juga akan koordinasikan dengan Menteri PUPR dan Kepala Bappenas. Insya Allah saya akan balik lagi ke Padang akhir Mei 2021 atau setelah lebaran Idul Fitri 1442 H," ungkapnya.

M. Lutfi juga menyebutkan, sewaktu melakukan peninjauan langsung terhadap bahan kebutuhan pokok jelang Ramadan ini ia mendapati stok kebutuhan pokok aman dan cukup, serta harganya relatif stabil. 

"Harga beras saat ini stabil, sementara harga gula naik sedikit di atas harga normal. Hanya yang agak naik harganya yaitu minyak goreng, sementara bahan lainnya alhamdulillah cukup stabil," ujarnya.

Tak hanya itu Mendag juga memberikan apresiasi kepada Pemko Padang yang dinilai berhasil melakukan vaksinasi kepada sebanyak 4.000 pedagang di Pasar Raya Padang. 

"Capaian ini patut kita apresiasi karena hampir mencapai target. Atas nama pemerintah pusat kami berterima kepada jajaran Pemko Padang," tandasnya.

Turut hadir mendampingi Wako, Sekdako Padang Amasrul, unsur Forkopimda Padang, Kadis Perdagangan Andree Algamar, Kadis Pariwisata Arfian, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved