arrow_upward

Ini Pesan Kepala BNPB Doni Monardo kepada Perantau Minang

Rabu, 14 April 2021 : 23.22
Kepala BNPB Doni Monardo bincang-bincang dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi. (humas).

Padang, Analisakini.id- Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta kepada perantau Minang untuk bersabar agar tidak melakukan aktivitas mudik atau pulang kampung saat lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Hal ini disampaikan Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu usai mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Rabu (14/4/2021). Doni berada di Sumatera Barat (Sumbar) dalam rangka melakukan sejumlah kunjungan kerja.

“Jadi keputusan pemerintah pusat, mudik dan pulang kampung dilarang. Basaba wak dulu, basaba. Covid-19 belum habis, belum hilang,” katanya saat diwawancarai wartawan di VVIP BIM, Rabu (14/4/2021).

Doni berharap para perantau dapat berlebaran secara virtual dan memanfaatkan teknologi untuk menjalin silahturahmi. Menurut dia, untuk masyarakat di rantau jangan pulang dulu. Jangan pulang kampung dulu. Karena risikonya, setelah lebaran maka kasus Covid-19 meningkat, rumah sakit penuh, dokter pun terdampak Covid-19.

Doni mengungkapkan tidak sedikit dokter dan tenaga kesehatan sebagai ujung tombak dalam perawatan akhirnya terpapar. Bahkan tidak sedikit juga yang meninggal dunia.

“Jadi kalau kita sayang kepada bangsa kita, sayang kepada keluarga kita, sayang kepada dokter yang berjuang untuk kemanusiaan. Maka bersabar, jangan pulang kampung,” imbaunya.

Jika tetap nekad pulang,sambung Doni, ada Perda yang mengatur. Ada peraturan gubernur, peraturan bupati yang mengatur. Adapun sanksi, berbeda di setiap daerah.

Doni menegaskan di setiap nagari atau desa harus ada metode dan standar operasional prosedur. Perantau yang tetap pulang mudik harus dikarantina selama lima hari.

Supaya diketahui tidak ada yang positif covid-19. Lantas nanti bersilahturahmi akhirnya menular ke saudara lain. Apalagi kalau kelompok rentan yang terdampak. Apalagi di nagari tidak ada rumah sakit. (ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved