arrow_upward

Pemko Padang Jadikan Masjid sebagai Pusat Belajar Ilmu Agama Secara Digital

Senin, 15 Maret 2021 : 14.50
Rudy Rinaldy.

Padang, AnalisaKini.id - Pemerintah Kota (Pemko) Padang bertekad menjadikan masjid sebagai pusat belajar ilmu agama secara digital. Hal ini sudah dimulai dengan telah terpasangnya wifi gratis di sejumlah masjid di Padang. Diharapkan setelah ini, seluruh masjid di Padang sudah menikmati wifi gratis.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Padang Rudy Rinaldy mengatakan saat ini sebanyak 16 wifi gratis sudah terpasang di masjid. Di antaranya di Kecamatan Padang Selatan, Surau Gadang, Bungus Selatan, Lubuk Buaya, Padang Besi, Belimbing, serta Batuang Taba. Kesemuanya ini merupakan program free net (masjid digital) yang digagas Diskominfo Kota Padang.

“Jadi setelah ini anak-anak sekitar masjid tidak lagi hanya mengandalkan mendapatkan ilmu agama dari cara-cara konvensional, tetapi sudah dipadukan dengan cara-cara digital,”ujar Rudy Rinaldy, kemarin.

Selain memasang wifi gratis di 16 masjid, dua masjid lain yang dipasangi wifi sudah diperluas jangkauannya. Dua masjid itu berada di Lubuk Lintah dan Tunggul Hitam. Melengkapi program “Masjid Digital”, GEBUnet di tiga masjid ikut membantu menyebarluaskan internet gratis bagi masyarakat. Salah satunya dibantu PT Tower Bersama Grup yang bergerak di bisnis seluler.

“Ini bukan berarti fungsi masjid sebagai pusat kegiatan akan hilang. Cukup banyak kegiatan di masjid yang ditunjang oleh tersambungnya internet yang memudahkan dalam menggali informasi dan ilmu pengetahuan,”papar Rudy.

Selain menjadikan masjid sebagai pusat belajar ilmu agama secara digital, Rudy juga menginginkan nantinya muncul pengurus masjid yang melek teknologi dengan adanya wifi gratis tersebut. Sekaligus menjadi inspirator pencari ilmu bagi anak-anak yang belajar ilmu agama di masjid dan dilakukan secara digital.

Sisi lain, Rudy berharap dengan kehadiran wifi gratis di masjid akan meningkatkan kemajuan usaha warga sekitar masjid. Misalnya untuk mempromosikan produk-produk handmade atau UMKM secara digital. Apalagi perubahan perilaku transaksi dagang akibat pandemi Covid-19 akan sangat relevan dengan pemanfaatan internet melalui program “Masjid Digital”.

“Karena itu kita mengimbau pengurus masjid untuk memberitahukan password wifi masjid kepada siapa saja yang membutuhkan, sehingga pemanfaatan internet dapat dilakukan secara optimal,”ajaknya. (cl)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved