arrow_upward

Inilah Keistimewaan Malam Nisfu Syaban, 28 Maret 2021

Minggu, 28 Maret 2021 : 21.13
Ilustrasi suasana malam hari (Shiutterstock)

Padang, AnalisaKini.id- Malam Nisfu Syaban 1442 H akan segera tiba, peringatan yang akan jatuh pada malam ke-15 bulan Sya’ban ini di tahun 2021 akan jatuh pada hari Minggu, 28 Maret 2021. Lalu apa saja keistimewaan malam Nisfu Syaban?

Malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai malam maghfirah atau malam pengampunan. Soalnya pada malam tersebut, Allah akan memberikan pengampunan pada seluruh hambanya yang beriman dan beramal saleh.

Oleh karena itu, tidak salah jika banyak orang berlomba-lomba berbuat kebaikan di hari datangnya malam Nisfu Syaban.

1. Puasa

Salah satu keistimewaan malam Nisfu Syaban dapat kita peroleh melalui puasa:

"NAWAITU SHAUMA GHADIN'AN ADA'I SUNNATI SYA'BANA LILLAHI TA'ALA"

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Syaban esok hari karena Allah SWT."

Di samping itu, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa sebaik-baiknya umat muslim adalah mereka yang menghabiskannya dengan memperbanyak doa:

"Allah Ta'ala memberikan perhatian-Nya kepada seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban. Dan Allah Ta'ala mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang musyrik dan orang yang saling berdengki satu sama lain." (HR At-Thabrani dari Muadz bin Jabbal radhiallahu 'anhu).

"Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu anni'. Allahumma inni as alukal 'afwa wal 'afiyata wal mu'afaatad daimata fid dunya wal akhirati."

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia. Engkau menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku betul-betul memohon maaf kepada-Mu, dan kesehatan dan kecukupan di dunia dan akhirat."

2. Mendapat Ampunan Allah SWT

Selain itu Imam Asy-Syafi’i berkata bahwa pada malam Nisfu Sya’ban biasanya membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali dimana masing-masing mewakilkan perminyaan kepada Allah dalam memohon umur yang Panjang, kemurahan rezeki serta diberi keteguhan iman (wafat husnul khatimah)

Meski begitu, terdapat 2 hal yang tidak akan mendapat pengampunan oleh Allah SWT di malam penuh kebaikan ini.

Pertama, tidak akan dihapuskannya dosa bagi orang Musyrik atau orang yang menyekutukan Allah dan menyembah selain Allah.

Kedua, orang yang belum berdamai dengan musuhnya, baik kerabat, tetangga atau siapaun itu sesama umat manusia di dunia.

Amalan Nisfu Syaban

Untuk memperoleh keistimewaan malam Nisfu Syaban tersebut, umat muslim perlu melakukan beberapa amalan. Berdasarkan kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki, berikut ini tiga amalan nisfu syaban.

1. Meningkatkan Doa

Anjuran untuk memperbanyak doa selama bulan Syaban tertuang dalam hadis riwayat Abu Bakar bahwa Rasulullah bersabda:

“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

2. Baca Dua Kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat adalah kalimat yang mulia. Kalimat tersebut baik dibaca kapan pun dan di mana pun, terutama ketika malam nisfu syaban. Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan:

“Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya.”

3. Istighfar

Istighfar adalah salah satu cara minta ampunan kepada Allah SWT. Sebab, sebagai manusia tentu kita tak luput dari kesalahan dan dosa.

Oleh karena itu, memperbanyak istigfar diharapkan bisa diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT, terutama ketika malam nisfu syaban. Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan:

“Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan".

Doa Malam Nisfu Syaban

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa sebaik-baiknya umat muslim menghabiskannya dengan memperbanyak doa pada malam yang mulia ini.

"Allah Ta'ala memberikan perhatian-Nya kepada seluruh makhluk-Nya pada malam Nishfu Syaban. Dan Allah Ta'ala mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang musyrik dan orang yang saling berdengki satu sama lain." (HR At-Thabrani dari Muadz bin Jabbal radhiallahu 'anhu).

Sebenarnya, tidak ada doa khusus yang diperintahkan untuk dibacakan dalam menyambut malam nisfu syaban, namun ada satu doa yang kerap dilantunkan untuk menghidupkan malam nisfu syaban, seperti berikut:

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu anni'. Allahumma inni as alukal 'afwa wal 'afiyata wal mu'afaatad daimata fid dunya wal akhirati.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia. Engkau menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku betul-betul memohon maaf kepada-Mu, dan kesehatan dan kecukupan di dunia dan akhirat."

Itulah penjelasan tentang keistimewaan malam nisfu syaban yang perlu kalian ketahui. Jangan lupa juga untuk membaca doa dan amalan-amalan Nisfu Syaban.(sumber suara.com)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved