arrow_upward

Alhamdulillah, PAN Pemenang Pilkada Serentak Sumbar 2020

Selasa, 23 Maret 2021 : 22.33

 

Indra Dt. Rajo Lelo.

Padang, AnalisaKini.id- Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak gugatan sengketa Pilkada Kabupaten Solok yang diajukan Nofi Chandra-Yulfadri. Dengan demikian, pemenang Pilkada di sana, adalah pasangan Epyardi Asda-Jon Firman Pandu.

"Alhamdulillah, ini adalah kemenangan rakyat Kabupaten Solok sesungguhnya," kata Ketua DPW PAN Sumbar Indra Dt. Rajo Lelo, Selasa (23/3/2021).

Indra menyebutkan dengan sahnya kemenangan Epyardi-Pandu tersebut, maka secara akumulasi, PAN menjadi partai pemenang Pilkada serentak 2020 di Sumbar. 

Kenapa? Dari 14 daerah yang ikut Pilkada (satu Pilgub dan 13 kabupaten/kota), paslon yang diusung PAN, sukses menang di tujuh daerah. Bahkan empat diantaranya kader PAN. Tiga dari empat kader ini, menjadi orang nomor satu.

Tujuh daerah dimaksud adalah Kabupaten Solok yang dimenangkan oleh Epyardi-Pandu. Paslon ini diusung oleh koalisi PAN dan Gerindra. Epyardi adalah Ketua DPP PAN dan Pandu adalah Ketua DPC Gerindra kabupaten setempat.

Lalu, Padang Pariaman yang dimenangkan pasangan Suhatri Bur-Rahmang. Suhatri adalah Ketua DPD PAN Padang Pariaman. Berikutnya, Agam yang dimenangkan oleh pasangan Andri Warman-Irwan Fikri. Andri Warman adalah Ketua DPD PAN Agam sedangkan Irwan kader Demokrat.

Kemudian Pesisir Selatan, yang dimenangkan oleh pasangan Rusma Yul Anwar-Rudi Heriansyah. Rusma, ketua DPD Partai Gerindra setempat dan Rudi kader PAN.

"Tiga daerah lainnya yang menang adalah di Pasaman Barat (Hamsuardi-Risnawanto), Pasaman (Benny Utama-Sabar AS), Kota Solok (Zul Elfian-Ramadhani Kirana Putra). PAN sebagai partai pengusung bersama parpol lain, meski bukan kader PAN. Tapi PAN lebih melihat apa yang menjadi aspirasi rakyat, ke sana pula PAN bersikap dan alhamdulillah, menuai sukses," terang Wakil Ketua DPRD Sumbar ini. 

Berdasarkan data, Gerindra sebagai parpol pemenang Pileg 2019, pada Pilkada serentak 2020 hanya sukses di Tanah Datar, Bukittinggi, Kabupaten Solok dan Pesisir Selatan. PKS sebagai parpol pemenang kedua Pileg 2019, sukses di Pilgub, Pasaman Barat, Pasaman, Limapuluh Kota, Bukittinggi, Kota Solok.

Demokrat sebagai parpol pemenang ketiga Pileg 2019, pada Pilkada serentak 2020, sukses di Agam, Pasaman, Tanah Datar, Solok Selatan, dan Dharmasraya.

Pilkada serentak sebelumnya, 2018 dari empat daerah, PAN juga sukses di tiga daerah, yaitu Padang (Mahyeldi-Hendri Septa), Sawahlunto (Deri Asta-Zohirin Sayuti) dan Pariaman (Genius Umar-Mardison Mahyudin). (ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved